Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale CimahiBantuan Rutilahu di Cimahi Rp 15 Juta/Rumah

Bantuan Rutilahu di Cimahi Rp 15 Juta/Rumah

Wali Kota Cimahi Atty Suharti saat meninjau rutilahu salah seorang warganya.
Wali Kota Cimahi Atty Suharti saat meninjau rutilahu salah seorang warganya.

CIMAHI – Pemkot Cimahi mengakui nilai bantuan rumah yang rusak akibat bencana dan rumah tidak layak huni (rutilahu) hanya mendapatkan kurucan dana Rp 15 juta. Artinya, dana bantuan itu sifatnya hanya stimulan sehingga perlu adanya bantuan swadaya dari masyarakat untuk menuntaskannya.

“Dana bantuan ini jumlahnya terbatas dan sifatnya hanya stimulan. Karena dengan Rp 15 juta/rumah maka bisa jadi realisasinya rumahnya belum sempurna sehingga masih perlu dibantu,” tutur Wali Kota Cimahi Atty Suharti saat meninjau pembangunan rutilahu milik Martini, warga RT 04 RW 08 Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Jumat (8/4/16).

Namun, Atty menjamin jika program pengentasan rutilahu ini akan terus dianggarkan setiap tahunnya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Seperti di tahun ini bantuan rutilahu dialokasikan untuk sebanyak 150 warga, dengan nilai Rp 15 juta/unit dan setiap kelurahan mendapat jatah 10 unit/rumah. “Jadi pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, tapi perlu bantuan dan dukungan juga dari masyarakat,” ucapnya.

Rumah milik Martini sendiri rusak setelah beberapa bulan lalu atap rumahnya ambruk diterpa hujan dan angin kencang. Martini sempat bertahan di rumah tersebut namun kerap bocor saat hujan sehingga dia memutuskan untuk mengungsi sementara di rumah keponakannya. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI