Bale Kab BandungEkonomi

BPR Kerta Raharja Talangi Produk UMKM di Transmart Soreang

Kantor Pusat BPR Kerta Raharja Kab Bandung.

SOREANG – PT BPR Kerta Raharja menjalin kerjasama dengan Transmart Soreang dalam pembayaran produk-produk usaha mikro kecil dan menengah yang dipasarkan di Transmart Soreang.

Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan (Ekjah) Sekretariat Daerah Kabupaten Bandung H. Marlan, S.Ip, M.Si, menyatakan kerjasama tersebut dalam rangka meringankan beban UMKM yang memasarkan produknya di Transmart.

Kerjasama tersebut dilakukan karena produk UKM yang dipasarkan di Transmart Soreang sistem pembayarannya bersifat konsinyasi. Dengan demikian membutuhkan waktu untuk pembayaran produknya dari Transmart ke UMKM, bisa berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

“Jadi, UKM itu kendalanya kan dia butuh balik modal dengan cepat agar bisa memproduksi lagi barangnya. Nah, untuk sistem pembayaran konsinyasi itu, BPR Kerta Raharja menjalin kerjasama dengan Transmart Soreang di mana begitu produk UKM ini masuk di Transmart, maka BPR akan langsung membayarnya ke UKM yang memasarkan produknya di Transmart,” jelas Marlan kepada wartawan, Senin (21/1/19).

Setelah BPR membayarkan produk UKM tersebut, maka BPR yang memegang purchase order (PO) dari setiap produk UKM yang dipasarkan oleh Transmart. “Dengan memegang PO dari produk UKM itu, nanti saat pembayaran produk UKM yang laku terjual akan langsung masuk ke BPR,” kata Marlan.

Dengan begitu, imbuh Marlan, UKM pun bisa segera balik modal agar proses produksinya terus bergulir, tidak lagi tersendat dengan kendala biaya produksi. Dengan kerjasama ini bagi BPR Kerta Raharja sendiri kredit untuk sektor UMKM terus mengalami pertumbuhan.

Marlan mengatakan sebesar 60% atau sebanyak 180 produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) asal Kabupaten Bandung, dipasarkan di Transmart Soreang.

“Transmart Soreang ini akan berbeda sistemnya dengan Transmart yang lain. Karena selain menjual produk, nantinya juga sebagai tempat distribusi barang. Jadi produk-produk UKM Kabupaten Bandung akan dihimpun, dikemas dan didistribusikan ke seluruh Transmart di Jawa Barat dan Jabotabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi),” terang Marlan.

Sementara Dirut PT BPR Kertaraharja H. Moch Soleh Pios melalui Pemimpin Divisi Umum Bayu Andriatna menyebut total mencapai 9.000-an lebih UMKM di Kabupaten Bandung mengakses perkreditan di BPR Kerta Raharja. Mereka ada yang menggunakan dana dari bank tersebut untuk sektor produktif dan konsumtif.

“Total semuanya 9.000 UMKM nasabah BPR Kerta Raharja. Ada di sektor konsumtif dan produktif,” kata Bayu, Senin (21/1/19).

Menurut Bayu, pihaknya memang terus mendorong perkembangan UMKM di Kabupaten Bandung. Salah satu yang dilakukan saat ini dengan memudahkan mereka berjualan di mall Transmart Soreang. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close