Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBale KBBBUMD KBB Tergetkan 40.000 Sambungan Saluran Air Bersih

BUMD KBB Tergetkan 40.000 Sambungan Saluran Air Bersih

PT Mgs
PT PMgs

NGAMPRAH – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) PT Perdana Multi Guna Sarana (PMgs) berencana akan membangun jaringan air bersih untuk permukiman warga.

Direktur Utama PT PMgs Edi Mukhlas mengatakan jaringan sambungan air bersih yang nanti akan dibangun mencapai 40.000 sambungan dan ditargetkan bisa terealisasi pada pertengahan 2018. “Kami berupaya bisa mencapai 40.000 sambungan air dimana sebanyak 25.000 sambungan untuk warga KBB dan 15.000 sambungan untuk Kota Cimahi,” sebut Edi.

Proyek yang diperkirakan menghabiskan anggaran Rp 280 miliar ini rencananya akan memanfaatkan sumber mata air dari tiga desa di Kecamatan Cikalong Wetan. Yaitu Desa Ganjar Sari, Desa Cisalada dan Desa Cikahuripan. Dari tiga mata air tersebut diperhitungkan akan menghasilkan total volume air untuk mencapai 400 liter/detiknya.

Rencana pembangunan pengolahan air besih ini bukan tanpa alasan. Mengacu kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) bahwa kebutuhan akan air bersih bagi warga harus terpenuhi seratus persen di tahun 2019. Sedangkan saat ini di KBB pemenuhannya baru 3% sehingga kekurangannya masih banyak dan harus dilakukan percepatan untuk pemenuhannya.

Dikatakannya, pihaknya saat ini sedang mengajukan kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk membangun pengolahan sistem air baku di KBB. Jika usulan ini diterima maka pembiaayaan bisa ditanggung kementerian sedangkan pihaknya tinggal melaksanakannya saja. “Saat ini baru disusun DED-nya, semoga saja berhasil,” imbuhnya. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI