Bale Kab Bandung

Bupati Bandung: Dari Awal Kami Sebenarnya di Zona Biru

SOREANG, Balebandung.com – Bupati Bandung Dadang M Naser menyatakan sebenarnya Kabupaten Bandung dari awal sudah masuk zona biru. Hal itu diungkapkannya menanggapi status zona kuning bagi Kabupaten Bandung dari Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19  Jawa Barat terkait persiapan penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal.

“Sebenarnya dari awal Kabupaten Bandung masuk zona biru. Tapi masuknya zona kuning. Waktu rapat evaluasi persiapan AKB Jabar kemarin, Kabupaten Bandung sudah mendekati zona biru,” ungkap bupati di Masjid Al Fathu, Soreang, Jumat (12/6/20).

Menurutnya status zona biru bagi Kabupaten Bandung agak terhambat dengan adanya temuan kasus baru hasil rapid test Covid-19.

“Padahal setelah dicek ulang, bukan positif Covid-19, tapi ada yang sakit paru-paru atau TBC. Memang alat rapid test itu sensitif terhadap virus Covid-19,” ujarnya.

Karena Kabupaten Bandung sudah di zona biru, Dadang Naser pun kembali bisa melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Al Fathu di Komplek Perkantoran Pemkab Bandung setelah masjid itu dibuka kembali.

“Alhamdulillah, kita senang bahagia karena hari ini merupakan awal kita kembali bisa melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Al Fathu, setelah kita memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB),” ucapnya.

Seperti biasa Masjid Agung Al Fathu sangat padat jamaahnya. Karena itu pelaksanaan Shalat Jumat pun dibagi dua lokasi, satunya lagi di Gedung Mochammad Toha Soreang.

“Jadi, mulai minggu depan kayakya kita akan bershalat Jumat di Dome Bale Rame yang ruangnya lebih luas dari sini. Sambil Masjid Al Fathu ini akan kita renovasi mulai minggu depan,” imbuh Dadang Naser.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengungkapkan, hasil evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar menunjukkan, ada 10 daerah berada di Zona Kuning (Level 3) dan 17 daerah berada di Zona Biru (Level 2).

Adapun 10 daerah yang berada di zona kuning adalah Kabupaten Bekasi, Bogor, Garut, Indramayu, Karawang, Sukabumi, dan Kota Bandung, Bekasi, Bogor, dan Depok.

Sementara 17 daerah di Zona Biru atau Level 2 yakni Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Purwakarta, Subang, Sumedang, dan Tasikmalaya, serta Kota Banjar, Cimahi, Cirebon, Sukabumi, dan Tasikmalaya.

“Kabupaten Bandung dari zona kuning sekarang zona biru. Subang dari kuning ke biru, dan Cimahi dari kuning ke biru. Ada juga dari biru ke kuning, yaitu Kabupaten Garut,” sebut Ridwan Kamil dalam jumpa pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (12/6/20).

Menurutnya banyak perubahan status kewaspadaan yang naik, tetapi juga menjadi lampu kuning. “Karena angka reproduksi walau di bawah angka 1, ada kecenderungan naik dan harus diwaspadai,” jelas Ridwan Kamil. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close