Bale Kab BandungEkonomi

Bupati Bandung; “Rebut Dulu Sumber Ekonomi, Baru Rebut Kekuasaan”

 Bupati Bandung Dadang Naser saat membuka rangkaian kegiatan Gebyar Pemuda Sabilulungan dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 di Graha Iman Ciparay, Sabtu (28/10/17). by asray
Bupati Bandung Dadang Naser saat membuka rangkaian kegiatan Gebyar Pemuda Sabilulungan dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 di Graha Iman Ciparay, Sabtu (28/10/17). by asray

CIPARAY – Bupati Bandung Dadang Naser berharap tiap organisasi kepemudaan (OKP), khususnya yang berada di bawah naungan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bandung punya program unggulan masing-masing.

Nantinya program unggulan tersebut akan dibantu oleh Pemkab Bandung melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kab Bandung agar para pemuda bisa secara langsung turut berperan dalam pembangunan Kab Bandung.

Saat membuka kegiatan Gebyar Pemuda Sabilulungan dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 di Graha Iman Ciparat, Sabtu (28/10/17), bupati menekankan pentingnya pemuda Kab Bandung untuk fokus terhadap program perekonomian khususnya kewirausahaan.

“Pemuda harus punya gerakan yang fokus, yang care, yang punya greget, untuk bisa berkontribusi dalam pembangunan. Seperti kegiatan dalam rangka kewirausahaan. Pemuda harus punya semangat wirausaha sehingga dapat berkontribusi terhadap perekonomian dan di Kabupaten Bandung,” tandas bupati dalam arahannya di depan ratusan pemuda.

Makanya itu, imbuh Dadang, pada kesempatan seminar kewirausahaan kali ini Dispora bekerjasama dengan KNPI Kab Bandung menghadirkan para pembicara yang berlatar belakang kewirausahaan.

“Di sini ada tampil Ketua Kadin Kabupaten Bandung, Ketua Gapensi juga, para wirausahawan muda sebagai pembicara untuk memberikan materi tentang wirausaha agar pemuda bisa mendapat masukan tentang wirausaha apa yang bisa dijalankan nantinya,” kata dia.

Menurutnya di Kab Bandung saat ini ada kecenderungan para pemuda untuk terjun di wirausaha. Trend-nya terus meningkat bahkan menurut data BPS rasio wirausaha di Kab Bandung meningkat di atas 2%, seiring naiknya rasio wirausaha nasional yang juga naik jadi 3,1% dari populasi penduduk dari yang tadinya 1,67%. Bertumbuhnya wirausaha tak lepas dari peran masyarakat bersama pemerintah yang terus mendorongnya.

“Wirausaha di Kabupaten Bandung sudah meningkat sekarang posisinya di atas dua persen. Ini kata BPS, bukan kata saya. Tapi memang kecenderungan berwirausaha di Kabupaten Bandung itu meningkat terutama di kalangan pemuda. Sebab banyak anak muda Kabupaten Bandung yang memilih beriwirausaha, punya perusahaan sendiri, bikin CV untuk membuka usaha baru dan ingin menjadi direktur perusahaannya itu, sehingga banyak muncul entrepreneur atau wirausaha baru” ungkap Dadang.

Ia menunjuk contoh di Kab Bandung kini ada Kampung Iket, Kampung Jins, Kampung Sarung yang membawa Kabupaten Bandung kuat dalam perekonomian. Pemkab akan men-support agar ada peningkatan kualitas wirausaha baru di bidang apapun.

“Nah, dari tiap-tiap program unggulan OKP tadi, nanti kita akan lihat mana yang bisa dikembangkan dan dibantu oleh pemerintah,” tandasnya.

Pada kesempatan itu bupati juga memberi arahan kepada para pemuda untuk bisa menguasai perekonomian terlebih dahulu, sebelum menguasai bidang lainnya. “Rebut dulu sumber-sumber ekonomi, setelah itu bisa merebut kekuasaan lainnya seperti di bidang politik. Jadi kalau mau nyaleg, jadi anggota dewan, kuasai dulu sumber ekonominya,” pungkasnya.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close