Bale Kab Bandung

Bupati: ‘Cilodong, Potensi Desa Wisata’

Bupati Bandung H. Dadang M Naser, S.H, S.Ip, M.Ip, bersama jajaran Pemkab Bandung, mengunjungi Kampung Cilodong Desa Karangtunggal Kecamatan Paseh, Minggu (21/4/19). by Humas Pemkab

PASEH, Balebandung.com – Masih dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-378, Bupati Bandung H. Dadang M Naser, S.H, S.Ip, M.Ip, bersama jajaran Pemkab Bandung, mengunjungi Kampung Cilodong Desa Karangtunggal Kecamatan Paseh. Kampung yang sempat dijadikan lokus homestay pada Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-376 Tahun 2017 lalu itu, kini semakin tumbuh menjadi Desa Wisata terutama setelah hadirnya Karang Gantungan Water Boom.

“Dua tahun lalu kami sempat homestay di kampung ini, kampung yang dulunya kumuh setelah ditata menjadi asri dan kini semakin tumbuh menjadi potensi desa wisata. Kita juga sempat ngagogo lauk di tempat yang kini dijadikan tempat renang keluarga ini. Pemandangannya masih alami, tinggal ditingkatkan dari segi pengelolaannya,” ucap Bupati Dadang Naser di sela kegiatan penanaman pohon di Kampung Cilodong, Minggu (21/4/19).

Bupati menjelaskan, kegiatan penanaman tersebut selaras dengan tema hari jadi yakni “Sabilulungan Ngaraksa Kertaraharja, Bandung 1.000 Kampung, Raksa Desa, Ngajaga Bumi Bakti Ka Lemah Cai”. Diusungnya tema tersebut, lantaran Pemkab Bandung saat ini fokus pada pembenahan lingkungan.

“Sabilulungan Ngaraksa Kertaraharja itu sendiri mengandung makna, sabilulungan menjaga, memelihara dan menumbuhkembangkan untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang sejahtera lahir dan batin secara seimbang, serasi, adil dan merata,” jelas bupati.

Sedangkan Raksa Desa, Ngajaga Bumi Bakti Ka Lemah Cai, tambahnya, mengandung makna bahwa desa sebagai ujung tombak pembangunan daerah diberdayakan melalui Raksa Desa, yang diharapkan dapat menuntaskan permasalahan sosial masyarakat. Dan bermuara pada tujuan pada pengabdian untuk ngabakti ka lemah cai, ke Kabupaten Bandung.

“Ini memiliki pengertian memelihara dan menjaga ketersediaan rumah yang layak, ketersediaan air yang bersih, kakus (jamban) yang sehat, pengelolaan sampah yang benar serta peduli terhadap alam sekitar,” urai Dadang Naser.

Ia berharap, kegiatan penghijauan tersebut tidak hanya dilakukan selama peringatan hari jadi saja, melainkan sudah menjadi habit seluruh masyarakat Kabupaten Bandung. Hal tersebut sesuai dengan salah satu program prioritas pembangunan Kabupaten Bandung, yakni meningkatkan kualitas lingkungan.

“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan ketika hari jadi atau saat pemerintah menggulirkan program lingkungan saja. Masyarakat harus mulai peduli terhadap lingkungan, minimal lingkungan tempat tinggalnya. Dengan semangat sabilulungan, mari kita tingkatkan kualitas lingkungan di Kabupaten Bandung,” serunya.

Sementara Camat Paseh Komarudin menyebut sebanyak 400 bibit pohon mahoni dan 250 pohon aren ditanam pada kegiatan tersebut. “Kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Bandung. Mudah-mudahan apa yang kita tanam dapat melindungi alam dan bermanfaat bagi anak cucu kita kelak,” ungkap Camat.

Komarudin mengungkapkan, dengan suburnya tanaman aren di kampung tersebut, menjadikan Cilodong berpotensi dijadikan Kampung Aren. “Bisa kita lihat sendiri, tanaman aren begitu subur di sini, tinggal pengelolaannya saja yang diperbaiki. Melihat potensi ini kami mempunyai keinginan menjadikan Kampung Cilodong ini sebagai salah satu dari program pembangunan 1000 Kampung di Kabupaten Bandung,” harap Komarudin.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close