Bale Kab BandungPamong

Bupati : “Pemuda Harus Optimistis dan Hasilkan Ide”

Bupati Bandung Dadang Naser bersama KNPI Kab Bandung

SOREANG – Bupati H. Dadang M. Naser, SH,S.Ip.,M.Ip menyerukan semangat persatuan dan kesatuan pemuda pemudi, untuk optimis dalam mengadapi berbagai tantangan di masa depan dengan melahirkan inovasi dan ide positif.

“Dimulai saat ini, pemuda pemudi Indonesia harus bisa lebih optimistis, bisa semakin semangat dan tidak hanya mencibir. Tetapi, juga membuahkan ide membangun yang sifatnya positif. Dengan perkembangan teknologi informasi, mereka harus mengadaptasi dan mengaplikasiannya sebijak mungkin untuk hal yang baik,” tegas bupati pada peringatan hari Sumpah Pemuda ke-90 tingkat Kabupaten Bandung, di Lapangan Upakarti Soreang, Senin (29/10/18).

Menurut Bupati, momentum tersebut harus dimaknai sesuai dengan deklarasi Sumpah Pemuda, sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri, khususnya di Kabupaten Bandung.

“Artinya kalau kita mau, kita pasti bisa, asal mau tidak cengeng tidak mudah ngeluh tidak pesimis, pantang menyerah dalam memperjuangkan cita-cita, dan memaknai hari ini dengan komitment menjaga bangsa kita dengan segenap jiwa dan raga,” ucap Bupati Bandung usai memberikan sejumlah penghargaan kepada pemuda pemudi berprestasi.

Kalau pemuda generasi terdahulu cetusnya, mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita. Pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” seru bupati yang juga mantan Ketua KNPI Kab Bandung ini.

Hari Sumpah Pemuda ke-90 ini mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Menurut Dadang, tema tersebut diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Semangat pemuda pemudi Kabupaten Bandung ini harus dibingkai dengan kerja sabilulungan, semangat pemahamannya dengan bahasa sareundeuk saigel sabobot sapihandean (selalu bersama, tak pernah bertengkar karena perbedaan pendapat, rukun dan saling menghargai). Kita bangun kecerdasan sosial dan emosional juga,” pesan Bupati.

Berkenaan dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi (TI) saat ini, dirinya mengkritisi bahwa TI ibarat dua mata pisau. Di satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

“Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya kalau kita tidak bijak,” tukasnya.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close