Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBale BandungCalathea, Tren Baru di Masa Pandemi

Calathea, Tren Baru di Masa Pandemi

Balebandung.com – Pandemi Covid-19 ini memberikan pengaruh besar bagi seluruh manusia yang ada di bumi ini termasuk Indonesia. Hal ini yang menyebabkan beberapa perubahan bagi pola kehidupan yang diubah seperti tidak boleh berkerumun, lebih menjaga kebersihan, memakai masker dan perlindungan diri lainnya terhadap virus Covid-19 ini.

Oleh karena itu, akibat daripada pandemic tersebut, masyarakat sudah mulai beralih ataupun lebih memilih menyibukkan dirinya dengan menanam dan merawat tanaman.

Dalam hobi atau trend baru yang sedang digandrungi masyarakat, tanaman yang lebih banyak dicari sehingga tingkat peminatnya menjadi meningkat yakni tanaman hias khususnya dari keluarga Marantaceae adalah tanaman Calathea.

Calathea, tanaman yang berasal dari divisi Magnoliophyta, genus Maranta dan termasuk keluarga Marantaceae. Tanaman calathea berasal dari daratan Amerika tropis dan di daerah asalnya seperti di Negara Brasil, daun tanaman ini sering dijadikan bahan kerajinan tangan seperti anyaman.

Meskipun banyak jenisnya, calathea yang sering dikembangbiakkan di Indonesia ada beberapa jenis. Di antaranya calathea ornata, calathea roseopicta, calathea lancifolia, calathea flamistar, dan berbagai jenis lainnya. Di sisi lain, tanaman ini memiliki harga yang terbilang mahal jika penampilan dan kondisinya yang semakin baik.

Cara merawat tanaman hias ini terbilang cukup mudah, namun harus telaten dan apik. Pertama, pemilihan media seperti pot atau polybag sesuai ukuran tanaman yang kita miliki. Kedua, menyeimbangkan campuran media tanam seperti tanah, sekam bakar dan kompos serta pupuk. Ketiga, menjaga tempat disimpannya tanaman agar selalu bersih, tidak lembab dan terkena penyakit. Seluruh cara yang telah disebutkan sebelumnya akan mempengaruhi tumbuh kembangnya tanaman calathea kita sendiri.

Oleh karena itu, keuntungan yang kita dapat dari trend positif  ini sangat banyak dan bermanfaat bagi jasmani dan rohani kita. Nah, kapan Anda memulai trend baru ini? ***

by Widyanti, SP, SMK Negeri 1 Cilengkrang
email : widyantikarlina72@gmail.com

 

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI