Sabtu, April 13, 2024
BerandaBale BandungCucun A Syamsurijal Jadi Caretaker Ketua DPW PKB Kalsel

Cucun A Syamsurijal Jadi Caretaker Ketua DPW PKB Kalsel

MAJALAYA, Balebandung.com – Ketua Bidang Hukum dan Perundang-undangan DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal ditunjuk sebagai caretaker Ketua DPW PKB Provinsi Kalimantan Selatan, menggantikan Ketua Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Kalsel sebelumnya, Zairullah Azhar.

Diketahui Zairullah yang juga Bupati Tanah Bumbu secara terang-terangan menyatakan dukungan ke Prabowo Subianto. Alasannya, demi keberlangsungan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang diyakini berdampak terdahap Kabupaten Tamah Bumbu.

Sementara penunjukan kepada Cucun yang juga Ketua Fraksi PKB DPR RI  ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 25734/DPP/01/2024 tentang Penetapan Perubahan Kedua Susunan PKB Kalsel, Sisa Masa Bakti 2021-2026, tertanggal 9 Januari 2024 di Jakarta.

Menanggapi penunjukannya ini, Cucun mengatakan dinamika dalam sebuah partai politik itu merupakan hal yang biasa. Begitu pula ketika terjadi pergantian kepemimpinan sudah merupakan hal yang biasa. Mekanisme pengisian jabatan ketua yang baru pun sudah ada aturannya.

“Jadi, bukan karena adanya caretaker atau Plt Ketua DPW ini karena ada hal yang luar biasa. Saya kira ini merupakan mekanisme yang sudah biasa berjalan di partai,” kata Cucun saat menghadiri Festival Zumba Relawan Hiji di Jalan Anyar Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Minggu (21/21/2024).

Cucun mengaku ditugaskan dan ditunjuk selaku caretaker karena posisinya sebagai salah satu ketua DPP, untuk dapat terus melengkapi proses administrasi jelang Pemilu 14 Februari 2024.

“Nah, ketika terjadi kekosongan karena pengunduran diri Ketua DPW-nya, ya DPP biasa melakukan pergantian sesuai mekanisme yaitu dengan menunjuk Plt atau caretaker,” jelas anggota DPR RI dari Dapil Jawa Barat II ini. Cucun mengaku hingga kini kondisi di DPW PKB Kalsel sendiri tetap kondusif dan solid.

“Saya saksikan sendiri karena saya sudah dua kali datang ke sana, nanti ketiga kali saya akan datang lagi menjelang hari tenang pemilu. Saya akan lihat bagaimana perkembangan untuk pileg di sana dan saya yakin kursinya nambah baik di DPRD tingkat kabupaten, provinsi maupun pusat atau DPR RI,” ungkapnya.

Cucun juga meyakini dua kursi yang hilang di legislatif pada kepengurusan periode lalu akan kembali bertambah di Pileg 2024 nanti.

Menurutnya, pemilihan ketua definitif DPW PKB Kalsel akan dilakukan pasca Pemilu Serentak 2024.***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI