Bale Jabar

Damas Raih KNPI Awards

Sesepuh Damas Gani Presa menerima KNPI Awards yang diserahkan Sekretaris KNPI Jabar Asep Komarudin, di Grand Ballroom Pullman Bandung Grand Center, Senin (28/12/20) malam. by Damas

BANDUNG, Balebandung.com – Daya Mahasiswa Sunda (Damas) meraih penghargaan KNPI Awards 2020, yang digelar di Grand Ballroom Pullman Bandung Grand Center, Senin (28/12/20) malam. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Komite Nasional Pemuda Indonesia Jawa Barat (KNPI Jabar) menobatkan Damas sebagai “Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Terbaik Kategori Program Kebudayaan Tahun 2020”. Sesepuh Damas Gani Presa menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Sekretaris DPD KNPI Jabar Asep Komarudin.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada KNPI Jabar dan seluruh masyarakat untuk penghargaan yang bergengsi ini. Merupakan kebanggaan bagi Damas penghargaan di tingkat provinsi bersama organisasi lainnya. Hal ini sebagai bukti bahwa kehadiran Damas dalam mengakselerasi pengembangan serta pelestarian kebudaan diakui. Capaian ini juga merupakan bentuk kepercayaan stakeholder maupun masyarakat Jawa Barat terhadap Damas,” ucap Gani Presa.

Keseriusan Damas dalam menjaga serta melestarikan budaya di Indonesia khususnya budaya Sunda secara kontinyu dan memperluas portofilio pergerakan seperti konsisten menyelenggarakan Pasanggiri Tembang Sunda Cianjuran dari mulai tahun 1962 sampai sekarang. Lebih dari itu mengadvokasi agar Tembang Sunda Cianjuran dapat diakui oleh UNESCO sebagai salahsatu warisan budaya dunia.

Damas juga aktif mengampanyekan kepada masyarakat untuk tetap menjaga, merawat, dan melestarikan kebudayaan Sunda serta mempengaruhi kebijakan-kebijakan pemerintah, agar kebudayaan Sunda tidak tergerus oleh budaya asing maupun dilupakan oleh masyarakatnya sendiri.

Sesepuh Damas Gani Presa bersama Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna.

KNPI Awards 2020 ini mengusung tema “Gelar Milenial Juara” sebagai bentuk penghargaan serta apresiasi tertinggi untuk organisasi kemasyarakatan pemuda dan DPD KNPI Kota/ Kabupaten yang ada di Jawa Barat, atas kerja keras dan komitmennya dalam membuat dan menyuguhkan program-program kepemudaan yang baik, berkualitas, mendidik sekaligus membawa kebermanfaatan untuk masyarakat Jawa Barat,

Ketua DPW KNPI Jabar Rio F. Wilantara dalam sambutan mengatakan KNPI Awards merupakan apresiasi penting untuk meningkatkan stimulus.

“KNPI Awards ini bukan yang pertama, ini adalah yang kedua diadakan, sebagai bentuk apresiasi kepada orang-orang yang berkontribusi maupun berdikasi kepada kepemudaan yang ada di Jawa Barat,” terang Rio.

Menurutnya penghargaan ini diberikan kepada organisasi kemasyarakatan dan DPD KNPI Kota/ Kabupaten yang memenuhi kualifikasi dari 10 Instrumen. Antara lain tata kelola organisasi, program pendidikan, kesehatan, kesehatan, kebudayaan, wirausaha kecil, lingkungan hidup, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan perempuan, tanggap bencana, dan ketahanan pangan.

“Kesepuluh instrumen ini adalah acuan dari Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga,” jelas Ketua KNPI Jabar.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close