Bale Kab BandungHumanioraLingkungan

Demiz; Sisa 8% Lagi Target Hijaukan Hutan Lindung

Wagub Jabar Deddy Mizwar saat penanaman pohon secara simbolis di Lapangan Rancamanyar, Desa Sukamanah Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Kamis (25/1/18). by iwa/bbcom
Wagub Jabar Deddy Mizwar saat penanaman pohon secara simbolis di Lapangan Rancamanyar, Desa Sukamanah Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Kamis (25/1/18). by iwa/bbcom

RANCAEKEK – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengapresiasi penanaman 70 ribu pohon di kawasan hulu daerah aliran sungai (DAS) Citarum yang dilakukan berbagai elemen masyarakat. Prosesi penanaman pohon secara simbolis dilakukan Wagub di Lapangan Rancamanyar, Desa Sukamanah Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Kamis (25/1/18).

“Kita patut mengapresiasi, adanya perkumpulan pelestari lingkungan di Rancaekek ini, di mana melalui kerjasama dengan berbagai pihak termasuk elemen masyarakat setempat, mereka bisa menanam 70 ribu pohon di DAS Citarum. Kita harapkan gerakan ini bisa berkelanjutan, kesadaran lingkungan yang kita pentingkan ini, makanya kita bentuk masyarakat eco village ada di 270 desa di hulu Sungai Citarum,” ungkap Deddy kepada wartawan usai penanaman.

Menurut Demiz, 70 ribu pohon yang ditanam masih terbilang sedikit dibandingkan dengan luas lahan hutan lindung di Jawa Barat yang mencapai 3,7 juta hektar. “Tapi kalau tidak dimulai dari sekarang, kita tidak akan bisa menyelesaikan target kita yang sisa 8% lagi di mana saat ini kita baru 37% dari target 45% hutan di Jawa Barat menjadi kawasan hutan lindung,” sebut Demiz.

Dipilihnya kawasan Rancaekek sebagai lokasi penanaman pohon karena daerah tersebut merupakan langganan banjir sebab berdekatan dengan Sungai Citarum yang kini tengah dalam penanganan khusus pemerintah.

“Kenapa di Kabupaten Bandung karena inilah yang terparah yang perlu penanganan khusus. Presiden sendiri menaruh perhatian khusus kepada Citarum artinya sebagai penopang ibu kota, Jabar menjadi strategis dalam menjaga lingkungan. Kalau tidak, bencana yang terjadi di sini, Jakarta terkena dampaknya,” tuturnya.

Ketua Perkumpulan Pelestari Lingkungan Hidup Dunia (PPLHD) Jabar Tropimus Ginting selaku penggagas penanaman pohon mengungkapkan, pihaknya akan terus melakukan penghijauan di seluruh wilayah Jabar. Dari 5319 desa di Jabar rencananya akan dilakukan penanaman pohon sebanyak 5.000 bibit pohon di tiap desa.

“Jabar ini harus kembali hijau karena itu kami akan mengawalinya di Kabupaten Bandung. Kami dari PPLHD bagaimana caranya secara terus menerus akan melaksanakan penanaman pohon di tiap-tiap desa, kami anggarkan di tiap desa sebanyak 5.000 pohon,” kata Ginting. []

Wagub Dukung Penegakan Hukum terhadap Pencemar Citarum

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close