Bale Kab BandungHankam

Dengan Kencleng Jumat Polsek Ibun Bedah Rutilahu

Kapolsek Ibun Iptu Asep Dedi saat menymbangi rumah Emak Popon di Desa Cibeet Kec Ibun Kab Bandung, Jumat (7/10). by Robby Thea
Kapolsek Ibun Iptu Asep Dedi saat menymbangi rumah Emak Popon di Desa Cibeet Kec Ibun Kab Bandung, Jumat (7/10). by Robby Thea

IBUN – Tak terasa air mata berlinang saat melihat kondisi rumah Emak Popon (71), warga di Kp. Cibeet RT 1/RW 5 Desa Cibeet Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Rumah reot yang ditempatinya setiap hujan selalu bocor dan air hujan pun menggenang di dalam rumah. Bagaimana tidak, atap gubuk itu hanya ditutupi terpal bekas banner. Sementara Mak Popon hanya tinggal sebatang kara.

Melihat kondisi tersebut, jajaran Polsek Ibun yang dipimpin Iptu Asep Dedi berinisiatif melakukan penggalangan dana melalui Kencleng Jumat di mana setiap Hari Jumat semua anggota Polsek Ibun termasuk anggota Bhayangkari Polsek Ibun dan Bhabinkamtibmas Polsek Ibun, menyumbang uang seridhonya untuk membantu rumah Mak Popon. Kemudian dikumpulkan anggotanya untuk dikerahkan membantu rehab rumah Mak Popon.

“Melalui kinerja Bhabinkamtibmas dan seluruh anggota Polsek Ibun serta Bhayangkari Polsek Ibun mencoba membantu masyarakat terutama bagi para jompo, melalui kencleng Jumat dilaksanakan dengan cara mencari rumah-rumah tidak layak huni yang ditempati oleh orang tua yang lanjut usia dan kurang mampu” kata Kapolsek Ibun Iptu Asep Dedi, Jumat (7/10/16).

Selain dari anggota, sumbangan juga ada dari pengusaha berupa bahan bangunan lainnya. Program bedah rumah tidak layak huni (rutilahu) dari Polsek Ibun menggunakan skala prioritas atau yang benar-benar tidak layak huni.

Polsek Ibun menyalurkan bantuan berupa bahan bangunan dan bersama-sama masyarakat membangun rumah Mak Popon. Rehab rutilahu tersebut di mulai sejak 28 September yang tuntas pada 4 Oktober 2016.

“Alhamdulillah, kegiatan Polsek Ibun ini mendapat dukungan dari masyarakat dan Muspika Kecamatan Ibun. Program kami ini akan berkelanjutan,” ucap Iptu Asep.

Setelah selesai di Desa Cibeet, urai Asep, sekarang Polsek Ibun dan muspika sedang membedah rutilahu di Desa Sudi Kecamatan Ibun. Kemudian akan membangun di Desa Karyalaksana.

Kapolsek berharap dari kegiatan ini bisa menggugah masyarakat agar lebih peduli terhadap kondisi warga disekitarnya. “Hanya itu yang bisa kami bantu, semoga bantuan yang kami salurkan dapat bermanfaat,” ucap Kapolsek. by Robby Thea

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close