Rabu, Mei 29, 2024
BerandaBale BandungDewan Terima Aspirasi Perbaikan Beberapa Titik Ruas Jalan dan PJU

Dewan Terima Aspirasi Perbaikan Beberapa Titik Ruas Jalan dan PJU

MAJALAYA, balebandung.com – Anggota DPRD Kabupaten Bandung dari Fraksi Partai Demokrat Hikmat Budiman, SE., yang akrab disapa Om Jack menemui konstituennya di sebuah villa di Kampung Pungkur Desa Sukamaju Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Jumat (29/7/2022).

Sekitar 150 warga hadir pada kegiatan reses DPRD Kabupaten Bandung masa sidang III tahun 2022 itu. Di hadapan masyarakat yang berasal dari berbagai daerah itu, Hikmat Budiman yang berasal dari daerah pemilihan V (Kecamatan Majalaya, Paseh, Ibun dan Solokanjeruk) itu, mengungkapkan sejumlah program pembangunan yang sudah direalisasikan atas aspirasi warga sekitar.

Hikmat Budiman didampingi Kepala Desa Sukamaju Acep Handana, juga menerangkan sejumlah program atas usulan warga yang akan diperjuangkannya pada program APBD Perubahan 2022 mendatang, maupun APBD 2023 mendatang.

“Program pembangunan jalan dengan status jalan kabupaten yang sudah direalisasikan melalui usulan dan aspirasi masyarakat itu, di antaranya tiga titik di Desa Padaulun, dua titik Desa Sukamaju Kecamatan Majalaya, dan satu titik di Desa Tangsimekar Kecamatan Paseh,” kata Hikmat Budiman.

Tak hanya itu, ia mengungkapkan, di Desa Sukamaju pun ada pemasangan 13 titik penerangan jalan umum (PJU).

“Kita juga telah membantu merealisasikan aspirasi masyarakat, terkait pembangunan jalan gang di kawasan permukiman penduduk. Di antaranya dua titik pembangunan jalan gang di Desa Sukamukti Kecamatan Majalaya, dua titik di Desa Drawati dan satu titik di Desa Tangsimekar dan satu titik di Desa Loa Kecamatan Paseh,” jelasnya.

Hikmat Budiman juga telah membantu 15 kepala keluarga (KK) dari keluarga tak mampu secara ekonomi dalam merealisasikan perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) melalui program rutilahu.

“Tahun ini, di daerah pemilihan saya ada 15 rumah yang mendapatkan bantuan program rutilahu, dan di antaranya sejumlah KK di Desa Sukamaju yang mendapatkan bantuan tersebut,” terangnya.

Menurutnya, semua program yang direalisasikan itu berdasarkan usulan 2021, dan baru direalisasikan tahun 2022 ini.

“Pada tahun ini, kita juga sedang berusaha untuk mengusulkan lanjutan perbaikan jalan di tiga titik di Desa Sukamaju, sesuai dengan yang diusulkan Pak Kades Sukamaju dalam reses saat ini. Selain itu, dua titik di Desa Padaulun dan dua titik di Desa Neglasari, Kecamata Majalaya semuanya diusulkan untuk dilakukan pembangunan jalan dengan cara dibeton. Semuanya status jalan kabupaten,” tutur Hikmat Budiman.

Ia mengatakan akan terus mengakomodir usulan masyarakat dalam peningkatan kualitas pembangunan jalan pada status jalan kabupaten yang masuk akses kawasan Pungkur, Padasuka dan Maruyung tersebut.

“Kita juga mendengar aspirasi dari masyarakat yang mengharapkan ada penambahan program rutilahu, PJU, jalan lingkungan dan air bersih. Itu merupakan aspirasi masyarakat yang berkelanjutan, meski untuk program air bersih khususnya di Desa Sukamaju sudah direalisasikan untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat,” tuturnya.

“Yang jelas, kembali saya katakan kepada warga, apa yang menjadi aspirasi dan belum direalisasikan akan diusulkan dari APBD Perubahan, di antaranya pembangunan jalan. Insya Allah bakal diusulkan dan menjadi prioritas, dan mudah mudahan terakomodir tahun ini. Kalau tak terakomor 2022 dari APBD, bisa direalisasikan 2023 mendatang dan insya Allah bisa diakomodir,” imbuh Om Jack.

Hikmat Budiman juga sedang berusaha untuk memperjuangkan uang insentif untuk para kader yang berasal dari kalangan ibu-ibu.

“Sementara untuk insentif RT, RW, Linmas, dan guru ngaji sudah direalisasikan Pemkab Bandung. Memperjuangkan insentif untuk kader menjadi ‘PR’ saya ke depan,” katanya.

Kepala Desa Sukamaju Acep Handana mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPRD Kabupaten Bandung Hikmat Budiman yang sudah membantu merealisasikan aspirasi masyarakat dalam peningkatan pembangunan jalan, PJU dan air bersih. Selain itu telah merealisasikan bantuan untuk perbaikan rutilahu.

“Kami berharap Pak Dewan Hikmat Budiman terus membantu masyarakat, khususnya dalam perbaikan atau pembangunan jalan di jalan status kabupaten yang saat ini ada di tiga titik masih rusak,” ucap Kades.

Pihaknya pun berharap pembangunan jalannya dengan cara dicor, selain penambahan program rutilahu, air bersih maupun program lainnya yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat umum. ***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

spot_img