Bale Kab Bandung

DPR RI Dorong Pengadilan Negeri Bale Bandung Naik Kelas

Anggota Komisi III DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal bersama Ketua Pengadilan Negeri Bale Bandung Kelas 1A Tenri Muslinda SH MH, saat kunjungan kerja masa reses II, di PNBB Bandung, Selasa (10/3). by ist

BALEENDAH, Balebandung.com – Anggota Komisi III DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal terus mendorong peningkatan sarana dan prasarana modern di Pengadilan Negeri Bale Bandung  (PNBB) Kelas 1A, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Legislator asal Daerah Pemilihan Jawa Barat II, Cucun pun mendukung peningkatan kualitas atau kelas pengadilan dari Kelas 1A menjadi Kelas 1A khusus.

Menurutnya, peningkatan kelas pengadilan itu, juga harus diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang setara dengan kelas pengadilan. Ketua Fraksi PKB DPR RI ini mencontohkan, dalam pelaksanaan sidang perkara di pengadilan bisa didukung dengan perangkat IT (informasi dan teknologi).

“Sehingga dalam penanganan perkara tidak lagi harus menenteng seabrek berkas perkara. Bahkan dengan penggunaan perangkat IT dapat memperpendek dan mengurangi waktu sidang di pengadilan,” jelas Cucun saat kunjungan kerja di  di Pengadilan Negeri Bale Bandung, Kabupaten Bandung, Selasa (10/3/20).

Apalagi kalau sudah konek antara hakim, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan penasehat hukumnya dalam menyidangkan sebuah perkara, jika didukung dengan IT yang serba modern, menurut Cucun sidang pun tidak harus dilaksanakan beberapa kali dan bisa mengurangi waktu sidang.

Cucun mengatakan, PNBB yang sudah berdiri puluhan tahun itu, masih ada kendala dan hambatan yang sempat dikeluhkan oleh hakim, terkait dengan sarana dan prasarana. Untuk itu Cucun menandaskan pihaknya akan memperjuangkan aspirasi dari PN Bale Bandung.

“Nantinya hakim bisa menyampaikannya secara normatif ke Pengadilan Tinggi dan kemudian ditindaklanjuti ke Mahkamah Agung. Apalagi Pengadilan Negeri Bale Bandung ini menangani perkara yang cukup banyak dari tiga wilayah, Kabupaten Bandung, Bandung Barat dan Kota Cimahi, semua perkara disidangkan di sini,” kata Cucun.

Ketua Pengadilan Negeri Bale Bandung Kelas 1A Tenri Muslinda SH MH, hingga kini pemanfaatan IT di PNBB sudah mulai diterapkan. “Warga yang daftar perkara ke pengadilan bisa langsung melalui website PNBB, selain datang langsung ke pengadilan,” ujar Tenri. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close