Bale Kab BandungGaya HidupKomunitas

GenBI Jabar Gelar Baksos di Nagreg

Komunitas mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia, GEnBI, merealisasikan program kerja “West Java Development Program (WJDP)”, di Desa Citaman Kec Nagreg Kab Bandung, Sabtu (23/12/17). by Humas BI
Komunitas mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia, GEnBI, merealisasikan program kerja “West Java Development Program (WJDP)”, di Desa Citaman Kec Nagreg Kab Bandung, Sabtu (23/12/17). by Humas BI

NAGREG – Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Provinsi Jawa Barat, sebagai komunitas mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia, merealisasikan program kerja “West Java Development Program (WJDP)”, di Desa Citaman Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung, Sabtu (23/12/17). Komunitas GenBI terdiri dari empat perguruan tinggi negeri yakni UNPAD, ITB, UIN dan UPI.

Ketua Panitia WJDP, Isti mengatakan, kegiatan bertema “GenBI Jabar Menebar Manfaat di Setiap Makna Indonesia” ini merupakan langkah kontribusi kongkret dan bentuk pengabdian GenBI kepada masyarakat.

Isti menguraikan WJDP meliputi kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dan pembagian paket gizi. Pemeriksaan kesehatan bekerja sama dengan Tim Dokter Muda Holisti Club (komunitas dokter muda di Bandung).

“Pada kegiatan ini juga sekaligus dilakukan pembagian paket gizi kepada 100 orang ibu yang punya balita, di Desa Citaman Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung,” imbuh Isti.

Selain itu juga ada penyuluhan gizi bertema pemenuhan gizi seimbang untuk mencegah terjadinya stunting pada bayi dan balita. “Selain mensosialisasikan stunting, masyarakat juga diberikan pengetahuan mengenai teknik budidaya dan manfaat daun kelor,” ujarnya.

Pengetahuan tambahan mengenai daun kelor menurut Isti sengaja dipilih mengingat banyaknya manfaat daun kelor bagi kesehatan, serta kemudahan cara budidayanya. “Materi disampaikan oleh tim Dokter Muda Holisticlub kepada 100 warga, khususnya kepada ibu yang memiliki balita,” ungkapnya.

Kegiatan bersih-bersih di bantaran sungai akibat banyaknya sampah yang dibuang sembarangan juga dilaksanakan secara gotong royong antara GenBI dengan warga Desa Citaman Kec. Nagreg.

“Kegiatan lainnya ada juga penyerahan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa bantuan bak sampah dan bibit daun kelor bagi warga,” lanjut Isti.

Humas BI Jabar Yayan Istiandi menerankan ttujuan penyelenggaraan acara ini untuk turut mendorong dan meningkatkan pembangunan masyarakat di bidang kesehatan dan lingkungan hidup agar lebih baik, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Selain itu diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya asupan gizi yang cukup, pentingnya lingkungan yang sehat dan bersih, serta menambah wawasan  masyarakat akan manfaat daun kelor,” jelas Yayan.

Kepala Desa Citaman Adang Andri dalam sambutannya menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada Bank Indonesia dan GenBI yang telah memilih Desa Citaman sebagai tempat penyelenggaraan acara.

“Kami berharap apa yang telah dilakukan pada hari ini dapat bermanfaat dan dijaga dengan baik serta dapat mendorong dan memotivasi masyarakat untuk hidup bersih dan sehat,” ucap Adang.

 

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close