Selasa, Mei 28, 2024
BerandaBale BandungGerakan Gempita Rematri Dioptimalkan Tekan Anemia

Gerakan Gempita Rematri Dioptimalkan Tekan Anemia

Kasi Gizi Dinkes Kab Bandung Kamaludin saat advokasi dan pelatihan gizi pada remaja putri di Aula SMAN 1 Baleendah, Senin (19/11/18). by Humas Pemkab

BALEENDAH – Pemerintah Kabupaten Bandung akan mengoptimalkan gerakan Gempita Rematri (Gerakan Minum Tablet Tambah Darah Remaja Putri) untuk menekan tingginya penyakit anemia di wilayahnya.

Kepala Seksi Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Kamaludin menyebutkan, dari 500 remaja putri di Soreang yang telah dilakukan pengecekan Hemoglobinnya (HB) sekitar 13,2% mengidap anemia sedang.

“Itu berarti perlu adanya upaya yang serius untuk menekan anemia pada kalangan wanita, khususnya remaja putri,” kata Kamaludin saat advokasi dan pelatihan gizi pada remaja putri di Aula SMAN 1 Baleendah, Senin (19/11/18).

Ia mengaku saat ini Pemkab Bandung tengah gencar melakukan program pemberian tablet tambah darah atau TTD bagi remaja putri di Kab Bandung untuk meminimalisir penyakit tersebut.

“Sayangnya, ketersediaan TTD bagi remaja putri masih jauh dari kebutuhan. Di samping ketergantungan bufferstock dari provinsi, ketersediaan dan pengadaan TTD di kabupaten/kota belum maksimal,” sesalnya.

Untuk itu, perlu adanya keterlibatan sejumlah instansi untuk menggelar forum koordinasi dalam upaya penanggulangan penyakit anemia pada remaja putri sebagai salah satu intervensi.

“Agar meningkatkan kesadaran tentang anemia di antara isu-isu lain, mengenalkan WIFA (Weekly Iron Folic Acid) atau tablet tambah darah mingguan dan mendukung gerakan Gempita Rematri,” pungkasnya.***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

spot_img