Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBale BandungHari Kesaktian Pancasila Pengingat Untuk Semua Masyarakat

Hari Kesaktian Pancasila Pengingat Untuk Semua Masyarakat

MAJALAYA,balebandung.com – Para ASN (Aparatur Sipil Negara) yang ada di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun di semua tingkat kecamatan Kabupaten Bandung melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022 secara virtual yang dilaksanakan di masing-masing kantornya.

Pelaksanaan upacara itu, para OPD maupun para ASN tingkat kecamatan mengikuti langsung pelaksanaan upacara yang digelar pemerintah pusat di Lubang Buaya Jakarta, dengan Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo, dan dihadiri para pejabat negara di tingkat pemerintah pusat.

Camat Majalaya Gugum Gumilar beserta jajaran ASN lainnya yang ada di lingkungan Kecamatan Majalaya terlihat mengikuti upaya peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar secara virtual di Aula Kecamatan Majalaya, Sabtu (1/10/2022) pagi.

“Alhamdulillah hari ini sesuai dengan instruksi dan perintah dari Pemerintah Kabupaten Bandung, bahwa pemerintah kecamatan untuk melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Kurang lebih dilaksanakan selama 20 menit. Kita langsung mengikuti ke Pemerintah Republik Indonesia dan Presiden RI langsung sebagai Inspektur Upacara,” kata Gugum Gumilar usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual di Aula Kecamatan Majalaya, Sabtu (1/10/2022) pagi.

Gugum Gumilar berharap, melalui Hari Kesaktian Pancasila ini, sebagai pengingat untuk semua masyarakat. “Ini bagian dari proses perjuangan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Seperti diketahui, terkenal dengan Gerakan G 30 S/PKI mendorong adanya Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober 2022 tiap tahunnya,” katanya.

Camat Majalaya berharap melalui Hari Kesaktian Pancasila itu, media untuk menumbuhkan kembali wawasan kebangsaan dan menumbuhkan kembali rasa ideologi terhadap Pancasila.

“Kita dalam proses kehidupan berbangsa dan bernegara ini, Pancasila selalu menjadi dasar maupun selalu menjadi Ideologi bagi kita warga NKRI dalam melaksanakan kehidupan sehari-hari,” tutur Gugum Gumilar.

Ia mengungkapkan melalui Hari Kesaktian Pancasila ini, juga sebagai informasi kepada para kaum milenial maupun pemuda, bahwa tanggal 1 Oktober ini diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

“Ini sebagai pengakuan terhadap sejarah. Bahwa dulu, G 30 S/PKI melakukan gerakan makar dengan cara menculik beberapa petinggi perwira TNI, namun akhirnya G 30 S/PKI bisa ditumpas,” katanya.

Berbeda pada saat dulu, Gugum Gumilar mengatakan, para pelajar setiap tanggal 30 September diharuskan menonton film G 30 S/PKI yang ditayangkan di berbagai televisi, untuk mengingatkan sejarah masa lalu.

“Namun saat ini, media informasi bisa diakses melalui media apapun. Mudah-mudahan dengan peringatan upacara Hari Kesaktian Pancasila, tidak mengurangi makna sejarah tadi, bahwa pada 1 Oktober memperingati Hari Kesaktian Pancasila,” pungkasnya.

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI