Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBale CimahiHewan Peliharaan di Cimahi Divaksin

Hewan Peliharaan di Cimahi Divaksin

CIMAHI, Balebandung.comGuna mengantisipasi penyebaran penyakit rabies, antrak, dan flu burung, tim Balai Benih Ikan Air Tawar (BBIAT) dan Puskeswan Cimahi diterjunkan ke lapangan untuk melakukan vaksin terhadap hewan-hewan peliharaan masyarakat.

“Kami melakukan vaksin terhadap hewan peliharaan warga untuk mengantisipasi adanya penyebaran penyakit yang ditularkan melalui hewan,” terang Kepala UPTD BBIAT dan Puskeswan Cimahi, Nandang Jayawiguna, Rabu (16/3/16).

Menurut Nandang petugas cukup mendatangi tiap RW setenmpat, tanpa mendatangi langsung rumah warga yang punya hewan peliharaan. Setelah terkumpul baru didata siapa saja yang memiliki hewan peliharaan dan lalu diberikan vaksin. “Biasanya kami pusatkan di RW setempat karena kalau door to door langsung ke rumah warga petugasnya tidak ada,” kata dia.

Pemberian vaksin flu burung, ungkap Nandang, karena di tahun sebelumnya ada 1 kasus flu burung di Cimahi. Sementara untuk rabies, hingga saat ini belum ditemukan di Cimahi walaupun sempat ada kejadian dugaan hewan terjangkit rabies. Tapi setelah diperiksa ternyata hasilnya negatif.

“Tapi dengan tidak ada kasus rabies bukan berarti tidak diantisipasi, tetap harus diantisipasi dan berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya untuk penanganannya,” pungkasnya.*** (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img

TERKINI