Bale Kab Bandung

Hallo Bandoeng-Netherland Orari & Pasanggiri Pop Sunda Damas, Masuk Calendar of Event Disparbud 2020

Kadisparbud Kab Bandung dan pengurus Orari Lokal Bandung Selatan

SOREANG, Balebandung.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung me-launching Calendar of Event Disparbud 2020 di Gedong Budaya Sabilulungan Soreang, Jumat (27/12/19). Launching kalender juga diiringi peresmian Information Center Pariwisata Kabupaten Bandung.

Kepala Disparbud Kab Agus Firman menjelaskan diluncurkannya calendar of event ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat dan wisatawan, bahwa di tahun 2020 Pemkab Bandung sudah memiliki rencana, sehingga wisatawan bisa berbondong-bondong data ke Kabupaten Bandung. Menurutnya hingga bulan November kunjungan ke Kabupaten Bandung baru mencapai 2,6 juta jiwa.

Agus mengatakan ada event internasional yang akan digelar di tahun 2020. Salah satunya Hallo Bandoeng-Netherland yang digelar Orari Bandung Selatan yang akan mengundang sejarawan asal Belanda untuk menerangkan situs Radio Malabar.

“Di acara Hallo Bandoeng-Netherland tahun lalu, ada 7 negara yang terlibat dalam acara perkenalan Radio Malabar, kemudian Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara juga hadir,” ucapnya.

Agus menyebutkan kriteria agenda kegiatan Disparbud tersebut antara lain acara yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya, konsistensi dan memiliki potensi untuk pengembangan pariwisata Kabupaten Bandung.

Baca juga : Bupati; ‘Hallo Bandoeng-Netherland Harus Jadi Agenda Tahunan’

Menanggapi hal ini Ketua Orari Lokal Bandung Selatan Dadan Konjala mengatakan pihaknya mengapresisasi Pemkab Bandung dalam hal ini Disparbud yang telah mengakomidir kegiatan Orari Bandung Selatan sebagai agenda tahunan Disparbud.

“Kami mengapresiasi Pemkab Bandung dalam hal ini Disparbud yang telah mengakomodir kegiatan organisasi kami. Kegiatan Hallo Bandoeng-Netherland kami ini untuk mengingatkan sejarah bagaimana alat komunikasi pertama di dunia itu ada di Gunung Puntang Kabupaten Bandung,” ungkap Dadan yang juga anggota DPRD Kab Bandung ini.

Meski tergerus oleh kemajuan teknologi informasi dan gadget, kata Dadang, namun menurutnya eksesitensi Orari masih strategis dalam membantu cadangan sarana komunikasi.

“Kita memang masih eksis, anggota kami di Bandung Selatan dan Bandung Timur itu ada 350 orang. Kita memang biasa dibutuhkan bantuannya oleh pemerintah, sebagai cadangan komunikasi nasional, terutama menjelang arus mudik dan balik lebaran, juga hari natal dan tahun baru,” kata Dadang.

Selain Hallo Bandoeng-Netherland yang digelar Orari, event Pasanggiri Pop Sunda Daya Mahasiswa Sunda (Damas) Cabang Kab Bandung juga masuk dalam calendar of event Disparbud 2020.***

Nih, 23 kegiatan yang masuk dalam Calendar of Event Disparbud 2020
1. Hallo Bandoeng-Netherland (Orari)
2. Pasanggiri Pencak Silat Bupati Cup 5 April
3. Sabilulupat Color Run 12 April
4. Pesta Rakyat Sabilulungan 18 April
5. Festival Sipatahunan 28 April
6. Ngabus Burit 12 Mei
7. Kawah Putih Jazz Festival 19 Juni
8. Festival Curug Cinulang 22 Juni
9. Jelajah Kopi 25-27 Juni
10. Sabilulungan Fair 10-12 Juli
11. Pasanggiri Mojang Jajaka 24 Juni
12. Karnaval Kemerdekaan 18 Agustus
13. Pasanggiri Kawih Barudak 24 Agustus
14. Hajat Lembur
15. Lake to Lake Fun Bikes 30 Agustus
16. Hijab Fest 10-12 September
17. Gelar Budaya Miasih Bumi Nagara Padang 28 September
18. Pasanggiri Pop Sunda September
19. Ngarumat Barang Pusaka 8 Oktober
20. Cullinary Fest
21. Bandung Fest 22 November
22. Hari Wayang Nasional 27 November
23. Hajat Hulu Wotan Desember

 

Bupati; ‘Hallo Bandoeng-Netherland Harus Jadi Agenda Tahunan’

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close