Bale Kab Bandung

Iis Edy Prabowo Resmikan Program PISEW di Kab Bandung

Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Gerindra, Iis Edy Prabowo, saat peresmian PISEW di Desa Panenjoan, Kec Cicalengka, Kab Bandung, Minggu (25/10/20) sore. by iwa/bbcom

RANCAEKEK, Balebandung.com – Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Gerindra, Iis Edy Prabowo, meresmikan infrastruktur yang merupakan realisasi dari Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), di Kecamatan Cicalengka dan Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Minggu (25/10/20) sore.

Iis menjelaskan Program PISEW merupakan program yang dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai mitra kerja Komisi V DPR RI, untuk mendukung kebijakan Pemerintah dalam meningkatkan dan mengembangkan infrastruktur yang mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan permukiman di wilayah kecamatan.

“Programnya basanya berupa pembangunan atau perbaikan jembatan dan jalan atau infrastruktur lainnya yang berdampak pula terhadap kegaitan sosial ekonomi masyarakat. Misanya jembatan atau jalan yang menghubungkan dua desa di suatu kecamatan, sehingga ada manfaat sosial ekonominya untuk kedua desa setelah jembatan atau jalan tersebut dibangun atau diperbaiki,” jelas Iis kepada Balebandung.com, usai peresmian infrastrutur jalan beton di Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Program PISEW tersebut menurut Iis merupakan jawaban dari aspirasi masyarakat di pedesaan yang mengeluhkan infrastrutur desa yang rusak bahkan terputus, sehingga berdampak terhadap kelancaran kegiatan sosial ekonomi, bahkan budaya dan pendidikan masyarakat pedesaan.

Iis mengatakan sejauh ini pelaksanaan Program PISEW ini sudah berjalan sekitar 60% dan pihaknya optimis dalam sebulan ke depan program tersebut bisa diselesaikan.

Ia mengaku bahagia karena Program PISEW ini bisa direalisasikan dengan baik sehingga masyarakat sangat merasakan langsung dampaknya. “Bayangkan saja jalanan yang tadinya rusak berat, yang hanya bisa dilalui motor dan pejalan kaki, sekarang bahkan sudah bisa dilintasi oleh mobil sekali pun,” ujarnya.

Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Gerindra, Iis Edy Prabowo saat peresmian PISEW di Desa Jelegong, Kec Rancaekek, Kab Bandung, Minggu (25/10/20) sore. by iwa/bbcom

Iis menambah contoh pembangunan jembatan penyeberangan yang tadinya terbuat dari bambu dan rusak sehinga berbahaya dilintasi oleh anak kecil atau pelajar, kini sudah dibangun jembatan baru dari beton yang permanen dan lebih nyaman untuk diseberangi.

“Jadi, tentu saja masayrakat sangat menyambut baik program PISEW ini karena di situlah kegiatan sosial ekonomi masyarakat kini sudah mulai berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Iis meyebut di Program PISEW ini ada di 10 titik di Daerah Pemipihan Jawa Barat II dengan pembagian tujuh titik di Kabupaten Bandung dan tiga titil lainnya di Kabupaten Bandung Barat.

“Kenapa baru di 10 titik karena adanya refokusing anggaran tahun 2020 untuk penanganan Covid-19, sehingga ada memang ada pemangkasan anggaran,” jelas Iis.

Kendati begitu menurutnya pemerintah tetap menjalankan program perbaikan infrastruktur di wilayah kecamatan ini yang ditekankan untuk proyek padat karya dengan melibatkan masyarakat setempat.

Iis mengatakan sebagai mitra kerja Kementerian PUPR, banyak lagi program infrastruktur lainnya yang berjalan dan tuntas dikerjakan di Dapil Jabar II. Diantaranya program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI), Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), serta program reguler lainnya seperti pengadaan MCK, tempat wudhu dan renovasi bangunan sekolah.

Pihaknya dari Komisi V DPR RI berharap program ini bisa terasa langsung manfaatnya bagi masyarakat, khususnya di pedesaan, sehingga kegiatan sosial ekonomi serta daya beli masyarakat terus meningkat.

“Dengan demikian masyarakat juga semakin semangat dalam melakukan kegiatan sosial ekonominya. Terutama bagi daerah atau desa yang tertinggal dan kurang tersentuh perhatian dari pemerintah. Maka di situlah kami dari Komisi V DPR RI hadir untuk lebih menyentuh masyarakat di desa yang masih tertinggal dalam pembangunan infrastrukturnya,” ucap Iis Edy Prabowo.***

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close