Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaBale BandungIstri Bupati Bandung Ini Tekankan Peduli Lingkungan di Hari Kartini

Istri Bupati Bandung Ini Tekankan Peduli Lingkungan di Hari Kartini

Kurnia Agustina Dadang M.Naser bersama Bupati Bandung. ist
Kurnia Agustina Dadang M.Naser bersama Bupati Bandung. ist

Memaknai Hari Kartini bagi istri dari Bupati Bandung Hj.Kurnia Agustina Dadang M.Naser merupakan penghormatan atas wujud perjuangan kaum wanita, simbol persamaan gender dan emansipasi wanita.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bandung tersebut menilai saat ini tidak sedikit kaum wanita yang mampu mencitrakan diri sebagai sosok wanita yang dicita-citakan Kartini, yakni cerdas, berprestasi serta berdedikasi untuk keluarga dan masyarakat.

Dalam pembangunan pun, kata Kurnia kaum wanita mampu berperan dalam memberikan kontribusi yang positif terhadap kemajuan bangsa dan negara. Banyak program pembangunan yang menjadi fokus dan membutuhkan partisipasi dari kaum wanita sebagai motor penggeraknya. Salah satunya dalam aspek pemberdayaan perempuan.

“Seperti dalam hal peningkatan kesehatan ibu dan anak, menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan angka kematian bayi, mendukung kesetaraan gender serta ikut membangun kesadaran dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup,” sebut Nia dirilis Humas Pemkab Bandung, Kamis (21/4/16).

Menyoroti tentang kepedulian terhadap lingkungan, Kurnia mengatakan kepedulian itu bentuknya bisa saja sangat sederhana dan mudah dilakukan. Misalnya memungut dan membuang sampah pada tempatnya. Atau mengolah sampah menjadi pupuk, hemat energi dan air, dan sebagainya.

“Jika terus dilakukan, maka lambat laun kepedulian itu akan menjadi nafas kita. Sehingga kita tidak akan merasa nyaman kalau sehari saja tidak melakukan sesuatu yang baik untuk lingkungan,” tandas Kurnia.

Kepedulian tersebut, lanjut Kurnia bisa ditanamkan dan dapat dimulai kepada keluarganya terlebih dahulu, kemudian saudara, teman, dan masyarakat. “Jika dalam keseharian kita selalu menunjukkan kepedulian kepada lingkungan, setidaknya dapat menggugah kesadaran dan mengingatkan orang lain agar bersikap sama seperti kita,” tambahnya pula.

Peringatan Hari Kartini, kata Nia panggilan akrab istri Bupati Bandung ini, harus dijadikan momentum kebangkitan kaum perempuan, agar terus ikut berpartisipasi dan berusaha memberikan yang terbaik bagi kemajuan pembangunan khususnya di Kabupaten Bandung, salah satunya adalah ikut menciptakan kondisi lingkungan yang bersih, nyaman dan sehat.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI