Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBale BandungJembatan Jalan Inspeksi Sungai Citarik di Soljer Ambruk

Jembatan Jalan Inspeksi Sungai Citarik di Soljer Ambruk

ilustrasi/net
ilustrasi/net

SOLOKANJERUK – Jembatan jalan inspeksi Sungai Citarik di Kampung Bilung RT 03/RW 07, Desa Cibodas, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, ambruk pada Selasa (1/3/16) sekitar pukul 07.00 WIB.

Meski tak ada korban jiwa, namun akibat ambruknya jembatan yang terbuat dari beton sepanjang 4 meter dan lebar 2,5 meter ini akses warga khususnya para petani yang berada di sekitar kawasan ini menjadi terganggu.

Bukan hanya itu, dampak ambruknya jembatan ini juga dapat mengancam lahan pertanian padi seluas 100 hektare lebih yang ada di Desa Cibodas dan sekitarnya. Sebab air yang mengalir di Sungai Citarik terancam meluap dan menggenangi lahan pertanian padi milik petani yang saat ini rata-rata sudah berusia dua bulan.

“Jembatan ini ambruk karena pondasinya tergerus arus air Sungai Citarik yang naik setelah hujan terus terjadi setiap hari di daerah ini,” tutur Doni, seorang warga setempat.

Warga berharap rusaknya jembatan ini segera bisa diperbaiki. Karena kalau tidak, maka luapan aliran Sungai Citarik di saat air sungai mengalir deras bisa meluber ke area pertanian.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Tata Irawan mengaku pihaknya sudah mendapatkan informasi terkait ambruknya jembatan itu dan sudah menerjunkan anak buahnya untuk mengecek ke lokasi. Bahkan pihaknya saat ini sedang berupaya melakukan penangangan sementara agar aktivitas warga tidak terganggu.

“Anggota kami sedang ke lokasi untuk melakukan pengecekan yang nantinya akan langsung ditindaklanjuti dengan berkoordinasi ke instansi terkait dalam penanganannya,” kata Tata. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI