Bale Kab BandungPeristiwa

Jepang Ciptakan Radar Pendeteksi Badai

BALEBANDUNG – Dua institut penelitian di Negara Jepang, tengah mengembangkan sebuah teknologi radar yang mampu memprediksikan kedatangan angin, beserta kekuatan yang dibawa angin tersebut.

Penelitian yang dikembangkan oleh Badan Meteorologi Jepang, dan Institute Earth Science and Disaster Prevention ini mampu mencegah datangnya marabahaya dari serbuan angin.Teknologi radar peramal cuaca ini oleh para ilmuwan tersebut diberi nama ‘X-Net’.

Cara kerja dari X-Net ini sendiri cukup mudah, dengan menempatkan sistem radar model Doppler yang dipasang di lima titik di segala penjuru Kota Tokyo. Radar Doppler tersebut disambungkan untuk memantau pergerakan angin melalui monitor.

Setelah itu radar utama X-Net, akan berkerja dengan melihat serta mengontrol kadar udara, lalu mengukur kecepatan angin melalui perubahan awan yang berubah terus menerus.

Alat ini mampu bekerja dengan mendeteksi kehadiran angin dalam jarak radius 60-80 km, sehingga jika angin tersebut berpotensi membahayakan maka dengan cepat radar akan mengirimkan sinyal. Sehingga, kedatangan angin topan dan badai bisa segera diantisipasi.

Seperti yang dilansir Japan Today, Selasa (18/11/2008), radar X-Net sangat bermanfaat mencegah kerusakan yang ditimbulkan angin dengan kekuatan besar, seperti, angin topan, tornado, atau bahkan sampai badai sekalipun.

Negeri Matahari Terbit ini memang terkenal dengan pulaunya yang sering dihempas angin dan badai. Dan, banyak dari para ilmuwan yang berusaha keras untuk menciptakan alat yang mampu mencegah bahaya tersebut.***

Ridwan Kamil Cari Teknologi Pendeteksi Puting Beliung

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close