Bale Kab BandungHankam

Kasat Narkoba dan 4 Kapolsek Berpindah Tugas

SOREANG, Balebandung.com – Polres Bandung gelar upacara serah terima jabatan 4 kapolsek dan Kasat Narkoba, di Lapang Apel Mapolres Bandung, Selasa (23/7/19).

Mereka antara lain Kapolsek Rancaekek Kompol Iyus Jayusman berpindah ke Intelkam Polda Jabar. Kapolsek Rancaekek kini dijabat oleh Kompol Imron Rosyadi, yang sebelumnya sebagai Pama Polres Bandung.

Kapolsek Ciparay kini dijabat AKP Suyatno menggantikan dari AKP Heri Suryadi yang kini menjabat Pama Polda Jabar.

Sedangkan Kapolsek Pangalengan kini dijabat Kompol Umar Said, menggantikan Kompol Yana Supyana yang kini jadi Pamen Polres Bandung.

Sementara Kompol Agus Wahidin, SH menjadi Kapolsek Margahayu menggantikan Kapolsek margahayu sebelumnya almarhum Kompol Agus.

Kasat Narkoba yang sebelumnya dijabat AKP IGN Wahyu, kini digantikan AKP Heri Suryadi SH yang sebelumnya menjabat Waka Polsek Bojongloa Kidul Polrestabes Bandung. Sementara AKP Wahyu jadi Kasat Narkoba Polres Subang.

Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan SH SIK MH saat jadi inspektur upacara memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kapolsek yang melaksanakan serah terima jabatan.

“Karena atas dedikasi dan pengabdian kepada Polres Bandung banyak even-even nasional maupun internasional yang mampu dilaksanakan sangat baik,” kata Kapolres.

Kapolres menyampaikan mutasi jabatan merupakan hal yang biasa dilakukan dil ingkungan organisasi Polri. “Mutasi bertujuan untuk menjaga dinamika operasional dan penyegaran proses manajerial organisasi dalam melaksanakan misi untuk mencapai visi yang telah ditetapkan,” jelas AKBP Indra.

Dengan adanya mutasi jabatan tersebut, imbuh Indra, maka kontinuitas dalam pelaksanaan program kerja yang telah dirumuskan akan dapat berjalan dengan efektif dan terjadi peningkatan kualitas kinerja kesatuan, baik dalam bidang pembinaan maupun dalam operasional.

“Sehingga dapat menumbuhkan semangat pengabdian tinggi dalam mengukir prestasi pada setiap penugasan yang semata-mata berorientasi kepada kepentingan masyarakat,” tandas AKBP Indra.

Dalam prinsip organisasi dalam rangka mengemban tugas dan tanggung jawab jabatan, ada hal yang perlu diingat bahwa kewenangan bisa didelegasikan kepada pejabat bawahnya, tetapi tanggung jawab tidak bisa didelegasikan.

“Artinya bahwa kewenangan dan tugas tugas kepolisian yang kita emban ini adalah pelimpahan kewenangan dari pimpinan Polri tertinggi yaitu Bapak Kapolri dan secara berjenjang turun kepada pejabat di bawahnya begitu terus sampai jabatan Kasat maupun Kapolsek,” jelas Indra.

“Oleh karena itu, harus disadari jabatan yang kita sandang adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan baik kepada masyarakat maupun kepada Tuhan Yang Maha Esa,” imbuhnya.

Menurutnya tugas jajaran Polres Bandung ke depan makin padat sekarang ini, yang dihadapkan dengan Pemilihan Serentak Kepala Desa sebanyak 199 desa. “Pilkades Serentak merupakan pertaruhan Polri dalam pengamanan kamtibmas dalam negeri, sehingga menghadapi agenda tersebut saya berharap kepada seluruh personil baik polres maupun polsek di jajaran Polres Bandung untuk senantiasa ikhlas bertanggung jawab menjalankan rangkaian kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya,” ucap Indra.

Dalam menghadapinya menurut Kapolres perlu melakukan identifikasi kerawanan-kerawanan dan potensi konflik serta agenda kegiatan dengan Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombaknya.

Tak hanya itu, AKBP Indra pun berharap kepada Kasat Narkoba sebagaimana dimaksud dalam Perkap 23/2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja pada tingkat Polres maupun Polsek merupakan unsur pelaksana tugas pokok yang berada di bawah Kapolres dan Sat Narkoba melaksanakan fungsi penyelidikan-penyidikan pengawasan-penyidikan tindak pidana narkotika termasuk fungsi serta pembinaan.

“Tugas yang demikian tentunya merupakan tanggung jawab yang cukup berat sehingga memerlukan ketelitian ketekunan kesinambungan serta kerjasama yang harmonis dengan unsur unsur pelaksana maupun unsur staf pembantu pimpinan dan unsur satuan samping,” kata Kapolres.

Tidak lupa kepada Kapolsek yang baru pada umumnya jajaran Polres Bandung, lanjut Indra, agar selalu koordinasi dan bekerja sama secara sinergis dengan berbagai instansi samping di tingkat Muspika, termasuk dengan media, sehingga tercipta soliditas dan sinergitas dalam setiap kegiatan dan pengamanan yang dilakukan guna menciptakan kamtibmas di masyarakat.

“Saya berpesan kepada seluruh personil polres dan polsek di jajaran Polres bandung untuk menyatu agar Kapolsek dan Bhabinkamtibmas selalu dekat dan kenal dengan para tokoh dengan level masing-masing, sehinga terjalin komunikasi yang akrab dalam menyelesaikan masalah,” tutup Kapolres. ***

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close