Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBale BandungKomisi C Desak Perbaikan Irigasi Ciendog Kertasari

Komisi C Desak Perbaikan Irigasi Ciendog Kertasari

Komisi C DPRD Kab Bandung saat meninjau bendung dan irigasi Cienteng di Kp Jamburaya, Ds Sukarame, Kec Pacet, Kab Bandung .
Komisi C DPRD Kab Bandung saat meninjau bendung dan irigasi Cienteng di Kp Jamburaya, Ds Sukarame, Kec Pacet, Kab Bandung .

SOREANG – Selain normalisasi bendung dan irigasi Cienteng di Kampung Jamburaya, Desa Sukarame, Kecamatan Pacet, Komisi C DPRD Kabupaten Bandung juga mendorong perbaikan irigasi dan bendung di Blok Ciendog, Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari.

Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Bandung, Firman B Soemantri mengatakan, untuk perbaikan tersebut diusulkan anggaran sebesar Rp 2 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2017.

“Bendung Ciendog juga kondisinya sudah rusak dan harus diperbaiki. Bendung itu mengairi areal persawahan seluas 350 hektare di Desa Sukapura dan Resmitingal. Salurannya disebut saluran air Mama Acim sepanjang 9 kilometer. Itu perlu perbaikan revitalisasi, biayanya bisa mencapai Rp2 miliar yang diajukan melalui DAK,” ungkap Firman kepada Balebandung.com, Minggu (6/3/16).

Aliran kali Mama Acim merupakan lahan milik Perhutani yang masuk sebagai hutan konservasi. Selain mengairi sawah, saluran air ini juga dimanfaatkan warga di bawah untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Lokasi bendung dan irigasi Ciendog pun sulit dijangkau sebab harus menyusuri bebukitan atau lereng gunung di Desa Cibeureum. “Ada kerusakan irigasi akibat longsoran tanah lereng gunung yang memang gundul dan sekarang lereng gunung itu dibentengi papan saja untuk menghalangi erosi tanah,” urai Firman.

Pihaknya akan terus mendorong Dinas SDAPE Kabupateb Bandung untuk melakukan perbaikan dan memperkuat jaringan irigasi teknis demi terwujudnya swasembada pangan dan terjaganya lahan pertanian yang berkelanjutan di Kabupaten Bandung. (iwa)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI