Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBale BandungKopi asal Kabupaten Bandung Nomor Satu di Dunia

Kopi asal Kabupaten Bandung Nomor Satu di Dunia

CIPARAY, balebandung.com – Pariwisata di Kabupaten Bandung banyak diketahui oleh para wisatawan asal Indonesia. Namun untuk wisatawan asing atau mancanaga, tahunya mereka adalah Kota Bandung.

“Bagaimana menarik agar mereka (wisatawan asing) ke sini (Kabupaten Bandung), tentu harus ada icon atau branding. Kita berbicara Lembang, yaitu susur Lembang, bicara Cianjur taucho, Sumedang tahu. Jadi mindset ini yang harus kita bangun dulu. Kalau bicara Kabupaten Bandung belum ada kan?” kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat H. Dede Yusuf M. Effendi kepada wartawan usai jadi narasumber pada kegiatan bimbingan teknis pemasaran pariwisata pasar Asia Pasifik di Graha Wirakarya Jalan Raya Laswi Desa Manggungharja Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung, Kamis (4/8/2022).

Dede Yusuf mengatakan, yang sudah terbukti potensi di Kabupaten Bandung adalah produksi kopi. “Tadi saya sudah sampaikan, kopi Bandung is the best kopi luwak. Nomor satu di dunia. Mungkin saja kopi yang termahal. Inilah cantelannya. Maka tadi saya sampaikan kepada pihak branding. Membranding agar wisatawan mancanagara, penggila kopi, pecinta arabika akan datang ke sini. Ketika datang ke sini, mereka lihat pemandangan, lihat Pangalengan, Kawah Putih dan lain-lain. Dan itu yang membuat dia betah di Kabupaten Bandung,” tutur Dede Yusuf.

Ia mengatakan, untuk mempromosikan atau branding potensi pariwisata itu adalah pemerintah daerah. “Saya hanya ngasih ide, silahkan pemerintah daerah untuk mengolah ide terebut untuk menarik wisatawan mancanagara,” katanya.

Dede Yusuf mengungkapkan, kalau berbicara obyek wisata Labuan Bajo, orang taunya Pulau Komodo. “Kita berbicara Bali, orang tahunya pure. Bicara Kabupaten Bandung, apa?” katanya.

Di Kabupaten Bandung, katanya, surganya kopi. “Adanya kopi malabar, kopi luwak, kopi Puntang, kopi Pangalengan, dengan harapan wisatawan masuk ke Kabupaten Bandung,” ujarnya. ***

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI