Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBale BandungLubang Biopori Kurangi Genangan Air

Lubang Biopori Kurangi Genangan Air

MAJALAYA, balebandung.com – Untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar, Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 4/Majalaya Kabupaten Bandung kembali membuat lubang biopori di Kampung Ciwalengke RT 01/RW 08 Desa Sukamaju Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung.

Sebelumnya, Satgas Citarum Harum Subsektor 4/Desa Bojong Sektor 4/Majalaya Kabupaten Bandung melaksanakan pemasangan biopori di Kampung Bojongkesik RT 01/RW 03 Desa Bojong Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung.

“Ini merupakan kegiatan rutin yang harus kita laksanakan, dalam upaya melakukan penataan lingkungan. Di antaranya, membuat lubang biopori sebagai daerah resapan air,” kata Komandan Sektor 4/Majalaya Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Mulyono HS., kepada wartawan, Jumat (5/8/2022).

Kolonel Inf Mulyono menegaskan, bahwa pembuatan lubang biopori ini tak hanya untuk daerah resapan air hujan saja.

“Juga berfungi untuk mengurangi genangan air dan ancaman banjir, karena air langsung meresap. Ada lubang biopori, air tak langsung mengalir ke selokan atau sungai,” katanya.

Ia mengatakan, pembuatan lubang biopori bisa di sekitar rumah, yang rawan terjadi genangan air.

“Minimal satu rumah satu atau dua lubang biopori. Lubang biopori ini, bisa digunakan untuk menyimpan sampah organik yang berfungsi menjadi pupuk organik,” katanya. ***

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI