Bale Kab Bandung

Luthfi Hafiyyan Tinjau Kampung Terdampak Pembangunan Perumahan

Anggota DPRD Kab Bandung Dapil IV Moch Luthfi Hafiyyan, saat meninjau salah satu rutilahu milik warga Kampung Bale, Desa Narawita, Kec Cicalengka, yang terdampak pembangunan perumahan. by iwa/bbcom

CICALENGKA, Balebandung.com – Anggota DPRD Kabupaten Bandung Dapil IV, Mochammad Lutfhi Hafiyyan meninjau Kampung Saung Bale, Desa Narawita, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, yang ramai diberitakan akibat terdampak pembangunan komplek perumahan Buana Cicalengka Raya.

Belum lama ini kampung yang hanya dihuni 17 kepala keluarga tersebut terdampak banjir akibat luapan air hujan deras yang berasal dari perumahan yang baru dibangun itu. Lebih dari itu, kampung ini seolah tidak tersentuh pembangunan dari pemerintahan desanya. Sebab warga masih kesulitan dalam hal akses jalan, juga terkait kebutuhan air bersih dan pelayanan kesehatan. Di kampung tersebut ada 16 rumah yang dihuni 17 kepala keluarga (53 jiwa), yang tujuh diantaranya masuk kategori rumah tiak layak huni (rutilahu).

“Saya meninjau Kampung Saung Bale ini karena ada laporan dari masyarakat yang bahkan terekspos juga di media online. Karena itu saya sebagai anggota dewan dari Daerah Pemilihan IV Kabupaten Bandung merasa terpanggil untuk turut membantu warga terdampak pembangunan perumahan Buana Cicalengka,” ungkap Luthfi kepada wartawan ditemui di Kampung Saung Bale, Selasa (14/1/20).

Luthfi mengakui, pada kesempatan audiensi dengan pihak pengembang perumahan dan Muspika Cicalengka serta Pemerintahan Desa Narawita, pihaknya selaku anggota dewan Dapil IV mendesak agar pengembang perumahan Buana Cicalengka memberikan bantuan pembangunan di Kampung Saung Bale, Desa Narawita.

“Saya akan pantau terus bagaimana realisasi dari pihak pengembang dalam hal bantuan terhadap permukiman warga Kampung Saung Bale, baik dari insfrastruktur seperti drainase yang lebih optimal lagi fungsinya, penyediaan air bersih, dan bantuan lainnya seperti perbaikan rutilahu di kampung ini. Ini juga tugas saya sebagai anggota dewan dalam menjalankan tupoksi pengawasan,” tandas anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab Bandung ini.

Ia pun akan mendorong Pemkab Bandung melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) maupun Pemerintahan Desa Narawita untuk memprioritaskan rehab rutilahu terhadap tujuh unit rutilahu yang ada di Kampung Saung Bale.

“Kalaupun memang tidak bersumber dari APBD dana bedah rutilahunya, kan bisa juga dari pihak pengembang untuk membantu dalam rangka penyaluran corporate social responsibiliy (CSR)-nya,” ujar Luthfi.

Sementara itu, Kepala Desa Narawita Holidin mengungkapkan, beberapa unit rutilahu di Kampung Saung Bale itu sudah menjadi perhatian pihaknya. Bahkan masuk pada penanganan prioritas, meski dalam penanganannya nanti dilakukan secara bertahap.

“Dari 16 rumah itu, sekitar tiga rumah yang kondisinya repot atau kondisi sangat darurat yang harus segera mendapat perhatian,” kata Kades. Holidin berkeinginan dalam penanganan rutilahu di kampung tersebut, bentuk rumahnya nanti diseragamkan manakala direhab.

“Kami berkeinginan rumah mereka diseragamkan bentuknya dengan dibangun bale-bale. Tapi tetap konsep rumahnya panggung,” ungkapnya. (*)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close