Bale JabarBale PiknikDestinasi

Makmurkan Masyarakat Lewat Pariwisata

BB-DEMIZ-NARIBANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan untuk memakmurkan masyarakat melalui pariwisata juga perlu pemberdayaan. Menurut Deddy, masyarakat harus dibekali pengetahuan tentang kepariwisataan, agar peluang dengan segala potensi yang dimiliki, tak justru dimanfaatkan ‘orang lain.’

“Tenaga manusianya, SDM di bidang kepariwisataan. Daerah-daerah yang ingin kita kembangkan jadi daerah pariwisata, bagaimana masyarakatnya kita berikan pemberdayaan. Misalkan pengetahuan tentang kepariwisataan, jangan sampai pelakunya justru dari luar. Karna mestinya pelaku utama pariwisata adalah masyarakat setempat,” ujar Deddy usai membahas Asia Tourism Forum (ATF), di Ruang Kerja Wagub, Gedung Sate, Kamis (10/3/16).

Selain itu, tentunya promosi yang baik adalah hal yang juga penting. Mempromosikan obyek pariwisata perlu sentuhan kreatif. Dengan pengelolaan destinasinya yang juga dikemas dengan cara yang kreatif pula. Hal ini akan menarik para pengunjung untuk berkunjung ke objek wisata.

“Bagaimana promosinya juga tentu, UMKM-nya, kemudian juga potensi lokalnya dikembangkan. Jadi berbagai hal mesti dilakukan untuk pemberdayaan masyarakat, keterampilan,” tutup Deddy.

Juga tak kalah penting, imbuh wagub, infrastruktur penunjang aksesbilitas suatu daerah pariwisata perlu perhatian secara khusus. Agar para penikmat wisata, tak segan dan tak ragu untuk mengunjungi objek wisata yang ada.

“Makanya pelatihan-pelatihan, bimbingan teknis (bimtek) segala macam kita lakukan. Seperti sekarang Ciletuh, kan sudah banyak pelatihan-pelatihan, pertemuan-pertemuan untuk pemberdayaan masyarakatnya. Itu harus dilakukan,” kata Deddy.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close