Bale Kab Bandung

Menkeu; Pemerintah Tekan Resiko Kegagalan Eksplorasi Geothermal

Bupati Bandung Dadang Naser mendampingi Menkeu Sri Mulyani saat penyerahan program community development PT Geo Dipa Energi di Kec Ciwidey, Kab Bandung, Kamis (13/12/18). by Humas Pemkab

CIWIDEY – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemerintah terus berupaya mengembangkan kebijakan-kebijakan dan regulasi dalam upaya pengembangan diversifikasi energi. Salah satu yang sudah dilakukan, kata menteri, pemerintah terus berupaya menekan resiko kegagalan eksplorasi panas bumi.

“Kami bersama Kementerian ESDM akan terus mengembangkan kebijakan-kebijakan dalam rangka diversifikasi energi. Jadi, tidak hanya energi non-renewable (tidak terbarukan) seperti dari batu bara, minyak dan gas, tapi juga dari yang renewable (terbarukan) seperti panas bumi ini. Sebab energi geothermal memiliki prospek paling besar dalam diversifikasi energi,” tandas Menkeu kepada Balebandung.com, usai penyerahan program community development PT Geo Dipa Energi di Kec Ciwidey, Kab Bandung, Kamis (13/12/18).

Menurut menteri hal itu dilakukan sebagai bukti keseriusan pemerintah dalam pengembangan energi panas bumi. Sri menerangkan, dalam eksplorasi memang tingkat kesulitannya cukup banyak. Ia menunjuk salah satu contoh antara lain kesulitan soal kordinasi dengan bidang lingkungan karena ada potensi geothermal di hutan konservasi, pegunungan.

“Sehingga ini menimbulkan tantangan untuk bisa menatanya. Tapi saya rasa saat ini sudah mulai banyak pembahasan dan kesepakatan dalam rangka mengembangkan potensi panas bumi,” imbuh Sri.

Tantangan lainnya, lanjut menteri, eksplorasi geothermal mempunyai tingkat resiko yang besar. Sebab kalau mencari atau mengekplorasinya, kadang juga tidak selalu langsung menghasilkan panas bumi seperti yang diprediksi.

“Jadi, sudah dibuat kebijakan untuk menanggung resiko tersebut. Sehingga pengusaha yang ingin melakukan eksplorasi di di geothermal tetap bisa melakukannya meskipun resikonya cukup tinggi, karena ada pemerintah yang mendukungnya,” terang Sri.

Ia pun mengungkapkan Indonesia masih patut belajar dari negara-negara yang sudah maju dalam pemanfaatan geothermal.

“Kita jangan segan untuk belajar dari negara-negara yang sudah maju dalam pemanfaatan geothermal. Selandia Baru dan Islandia dulunya tidak punya sumber energi lain dan sangat bergantung pada minyak bumi. Tapi kini mereka sudah mengeksplor energi geothermal sehingga perekonomiannya menjadi kuat, itu yang perlu kita pelajari,” pungkas Sri Mulyani.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close