Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBale CimahiMinat Siswa Daftar dari Jalur Prestasi dan Afirmasi Tinggi

Minat Siswa Daftar dari Jalur Prestasi dan Afirmasi Tinggi

penerimaan siswa baruCIMAHI – Banyak orang tua siswa yang mengambil formulir pendaftaran penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2016/2017 yang mulai dibuka Rabu (15/6/2016) melalui jalur non akademik. Seperti di SMAN 1 Cimahi yang berlokasi di Jalan Pecinan Kota Cimahi, para orang tua dan siswanya datang mengambil formulir atau sekadar menanyakan mekanisme proses pendaftaran.

Kondisi itu diakui oleh Wakil Kepala SMAN 1 Cimahi bidang Kesiswaan AT Takdir Pancaroba yang menyebutkan jika peminat pendaftar melalui jalur non akademik ini cukup tinggi. Kendati begitu pihak sekolah hanya menyediakan kuota 10% untuk jalur prestasi dan 20% melalui jalur afirmasi atau bagi siswa tidak mampu.

“Peminat yang langsung mengambil formulir pendaftaran cukup banyak walapun yang masih berkonsultasi juga banyak,” ucapnya.

Dia menyebutkan daya tampung penerimaan siswa baru di SMAN 1 Cimahi untuk tahun ajaran baru adalah sebanyak 360 siswa. Jadi tinggal dibagi aja sekitar jumlah itu berarti itu kuota untuk jalur non akademik termasuk juga 10% untuk kuota siswa dari luar daerah.

Terkait jalur afirmasi, itu adalah jalur yang menjadi fokus perhatian dimana siswa harus benar-benar diakomodir karena terkait dengan program pemerintah untuk meratakan kesempatan pendidikan. Bagi siswa peminat jalur afirmasi, harus menyertakan sejumlah data seperti SKTM, Kartu Indonesia Sehat atau kartu BPJS Kesehatan, Kartu Indonesia Pintar, dan lainnya yang ditandatangani atau dilegalisasi oleh Lurah.

“Nantinya persyaratan itu tidak serta merta kami langsung terima karena ada tim dari pihak sekolah yang khusus untuk memvalidasi data-data yang masuk baik dari jalur prestasi maupun afirmasi supaya jalur ini benar-benar tepat sasaran,” pungkasnya. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI