Bale Kab BandungBudaya Kab BandungHumaniora

Pasanggiri Pop Sunda Antar Pelajar Hari Pertama Digelar di Baleendah

Salah satu peserta Pasanggiri Pop Sunda Antar Pelajar se-Kab Bandung Kategori SMP di Bale Pasini, Baleendah, Kamis (15/11/18). by damas

BALEENDAH – Pasanggiri Pop Sunda Antar Pelajar se-Kabupaten Bandung digelar di Bale Pasini, Jl Jaksa Naranata 10 Kelurahan/Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Kamis (15/11/18).

Pasanggiri hari pertama ini menampilkan para peserta dari kalangan pelajar Kategori SMP sederajat, yang diikuti 26 peserta dari 16 sekolah. Pasanggiri akan berlanjut di hari kedua untuk Kategori SD dan hari ketiga untuk Kategori SMA pada Sabtu (17/11/18).

Pasanggiri yang digelar Damas Cabang Kabupaten Bandung ini dalam rangka Milangkala Daya Mahasiswa Sunda (Damas) ka-62 yang diperingati setiap tanggal 14 Oktober. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Damas Kab Bandung dengan KKG SD, MGMP SMP dan SMA Bahasa Sunda Kab Bandung, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung, serta Balebandung.com dan HDASTV sebagai media partner.

“Selain dalam rangka Milangkala Damas, kegiatan ini juga dalam rangka melestarikan budaya khususnya Bahasa Sunda yang dikemas dalam bentuk lagu Pop Sunda yang edukatif,” kata Ketua Panitia Pasanggiri Pop Sunda Damas Kab Bandung, Yudi Irawan dalam sambutan pembujaan pasanggiri, Kamis (15/10/18).

Yudi menjelaskan, peserta yang mengikuti pasanggiri harus membawakan lagu yang sudah ditentukan panitia, berupa materi “Kawih Asuh Barudak” yang merupakan kawih-kawih atikan yang sudah memperoleh rekomendasi dari Gubernur Jawa Barat sebagai materi bahan ajar untuk membangun karakter bangsa.

“Untuk materi lomba, para peserta akan diiringi musik minus one atau karaoke. Aspek yang dinilai meliputi artikulasi dan estetika menyanyi, teknik vokal, serta ekspresi dan gaya pada saat tampil,” terang Yudi.

Menurutnya, tujuan kegiatan ini ini untuk mengenalkan budaya dalam bentuk Bahasa Sunda, melatih rasa kepercayaan diri serta mengembangkan minat, bakat bernyanyi para pelajar dan menjadi ajang silaturahmi antar sekolah dalam bentuk perlombaan tingkat Pelajar SD, SMP dan SMA Se-Kabupaten Bandung.

Nih, testimoni Pasanggiri Pop Sunda dari Diva Pop Sunda Rika Rafika dan Rita Tila, cekidot gan;

***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close