Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBale BandungPawai Obor Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriyah

Pawai Obor Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriyah

MAJALAYA, balebandung.com – Puluhan umat muslim melaksanakan tradisi lama yaitu pawai obor guna menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriyah, Jumat (29/7/2022) malam.

Sambil mengucapkan sholawat, puluhan umat muslim yang berasal dari sejumlah majelis taklim itu berjalan kaki di Jalan Babakan Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung.

Sejumlah warga yang ikut dalam rombongan itu terlihat membawa obor. Namun obor yang mereka bawa tak semarak pada perayaan sebelumnya, karena kondisi bahan bakar minyak tanah yang dikabarkan sulit didapat.

Selain itu di antara mereka juga ada yang membawa alat kesenian tradisional yang biasa digunakan di lingkungan majelis taklim.

Perpaduan antara alat kesenian tradisional dengan sholawat yang dilantunkan itu, menambah kesemarakan menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1443 Hijriyah tersebut.

“Pawai obor sudah biasa dilaksanakan sejumlah umat muslim dari berbagai majelis taklim di wilayah Majalaya dan sekitarnya. Namun pawai obor ini tak semarak pada tahun-tahun sebelumnya. Pawai obor saat ini sangat sedikit warga yang membawa obor yang terbuat dari bambu, karena keterbatasan bahan bakar minyak tanah,” kata Otang (48), warga Majalaya.

Tetapi makna dari pelaksanaan pawai obor yang biasa dilaksanakan secara turun temurun itu, kata Otang, sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT.

“Tak hanya itu, lebih diharapkan lagi dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” katanya. ***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI