Bale Kab Bandung

PDI Perjuangan Kab Bandung Ngajak Hejo

Tanam Ribuan Pohon di Lahan Kritis

Ketua DPC PDI Perjuangan Kab Bandung Dr. H. Harjoko Sangganagara, MPd secara simbolis menyerahkan bantuan bibit pohon yang diterima Kepala Desa Sukaluyu Pangalengan Dadang Kurniawan, di Kantor Desa Sukaluyu Kec Pangalengan Kab Bandung, Selasa (12/11) malam. by dpc pdip

PANGALENGAN, Balebandung.com – DPC PDI Perjuangan Kab Bandung melakukan penanaman ribuan bibit pohon di Desa Sukaluyu Kecamatan Pangalengan Kab Bandung, Selasa (12/11/19).

Kegiatan dipimpin langsung Ketua DPC PDI Perjuangan Kab Bandung Dr. H. Harjoko Sangganagara, MPd, didampingi Wakabid Pemenangan Pemilu DPC Rudita Hartono, dan Wakabid Pengembangan SDM dan Kebudayaan DPC Andri Kusnandar.

Secara simbolis Harjoko menyerahkan sebanyak 4.500 pohon kepada Kepala Desa Sukaluyu Dadang Kurniawan. Berbagai jenis bibit pohon seperti mahoni, petai, jambu, dan puspa tersebut didapat merupakan hasil kerja sama antara anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab Bandung yang diwakili Moch. Lutfhi Hafiyyan dengan Badan Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL).

“Kami berinisiatif melakukan penghijauan atau reboisasi, terutama di lahan hutan yang sudah beralih fungsi jadi perkebunan sayuran, termasuk daerah yang terkena kebakaran hutan dan lahan karhutla,” jelas Harjoko usai penyerahan bibit pohon.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab Bandung Mochammad Luthfi Hafiyyan menambahkan, pihaknya berharap penyerahan bibit pohon ini bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkannya.

“Kami juga berharap kerja sama ini akan terus berlanjut dan makin bertambah luas cakupan wilayahnya, karena persoalan alih fungsi lahan cukup banyak dan dampak dari karhutla pada musim kemarau panjang kemarin makin luas,” kata Luthfi.

Baca juga; PDI Perjuangan Kab Bandung Siap Tanam Ribuan Bibit Pohon di Bekas Karhutla

Serap Aspirasi
Selain dalam rangka penanaman pohon, DPC PDI Perjuangan dan Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab Bandung juga berupaya menyerap aspirasi masyarakat desa setempat.

Mewakili masyakat, Kades Sukaluyu Dadang Kurniawan juga menyampaikan persoalan di masyarakat, selain alih fungsi lahan dan lahan kritis di desanya. Seperti keinginan membuat sumur artesis, perbaikan rutilahu, aliran listrik yang belum terpenuhi bagi 226 kepala keluarga, juga tentang Program Keluarga Harapan (PKH).

Selain itu juga banyak potensi di Desa Sukaluyu seperti potensi biogas yang dihasilkan dari peternakan sapi, juga tentang radio komunikasi berperan strategis dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat terutama terkait kegiatan pertanian.

“Jadi, di desa kami masih banyak potensi yang belum tergali maksimal. Untuk itu kami berharap peran PDI Perjuangan untuk ikut serta dalam mengoptimalkannya, terutama kendalanya kami di sini memang, SDM-nya masih terbatas,” pungkas Dadang.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close