Bale Kab Bandung

PDI Perjuangan Kab Bandung Siap Tanam Ribuan Bibit Pohon di Bekas Karhutla

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Bandung Mochammad Luthfi Hafiyyan bersama BPDASHL Cimanuk Citanduy saat penandatangan kerjasama penanaman pohon di lahan kritis, di Kantor BBWS Citarum Jl Soekarno-Hatta Bandung, Kamis (10/10/19). by pdip

BANDUNG, Balebandung.com – Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung bekerjasama dengan Badan Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Cimanuk Citanduy, dalam waktu dekat berencana melakukan penanaman pohon kembali di lahan bekas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Bandung.

Anggota DPRD Kabupaten Bandung dari Fraksi PDI Perjuangan Mochammad Luthfi Hafiyyan menyatakan, rehabilitasi ini penting dilakukan mengingat dampak dari kemarau panjang dan karhutla belakangan ini.

“Penanaman pohon ini penting dilakukan mengingat banyaknya bencana karhutla di wilayah Kabupaten Bandung. Kita ingin bergerak lebih cepat agar jangan sampai hutan yang terbakar itu memperparah luasan lahan kritis di Kabupaten Bandung,” jelas Luthfi usai penandatanganan kerjasama dengan BPDASHL di Kantor BBWS Citarum Jl Soekarno-Hatta Bandung, Kamis (10/10/19).

Luthfi mengatakan pihaknya sudah mengajukan sekitar 5.000-an bibit yang akan ditanam ke pihak BPDASHL dan akan direalisasikan dalam waktu dekat.

“Kita lebih banyak menyiapkan bibit pohon keras sesuai dengan pepohonan yang ada di pegunungan, seperti bibit pohon mahoni, manglid, sobsi, juga pohon salam,” ujar Luthfi yang juga anggota Komisi B DPRD Kab Bandung ini.

Untuk sementara bibit pohon tersebut akan ditanam di Gunung Pasir Paros wilayah Cipicung Kecamatan Baleendah Kab Bandung, yang kebanyakan merupakan lahan garapan para petani dari masyarakat sekitar. Menurut Luthfi penanaman akan dilakukan dengan mengerahkan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Kabupaten Bandung sekitar November mendatang.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close