Bale Kab Bandung

Pemeliharaan Rutin, Distribusi Air Perumda Tirta Raharja Tersendat

Perumda Tirta Raharja Kab Bandung.

SOREANG, Balebandung.com – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung saat ini sedang melakukan pemeliharaan rutin pada ruang lumpur bangunan penangkapan air baku (intake) Sungai Cisangkuy Cikalong.

Manajer Humas dan Kesekretariatan Perumda Tirta Raharja, Sri Hartati mengungkapkan, hal ini berdampak terhadap pengaliran/pendistribusian air kepada pelanggan.

“Perlu kami sampaikan, saat dilakukannya pemeliharaan rutin tersebut, untuk sementara Perumda Air Minum Tirta Raharja perlu melakukan penghentikan operasi pada sistem produksi,” kata Tati dalam rilisnya, Rabu (2/9/2020).

Sedangkan pada saat kondisi kualitas air yang diterima oleh pelanggan ada kala terlihat relatif keruh, menurut Tati hal ini bisa terjadi pada saat baru diselesaikannya perbaikan kebocoran pada jaringan perpipaan, dan terjadinya fluktuasi kualitas dan kapasitas air.

“Selanjutnya, untuk proses normalisasi kondisi tersebut, petugas teknis perlu melakukan penanganan khusus pada sistem produksi, agar konsentrasi bahan kimia yang dibutuhkan akan optimal untuk mengolah air minum,” jelasnya.

Tati mengungkapkan Perumda Tirta Raharja melakukan berbagai upaya dalam menangani tingkat kekeruhan sebagai akibat terjadinya fluktuasi kualitas air baku secara tiba-tiba pada instalasi pengolahan air (IPA). Antara lain dengan melakukan drain/membuang lumpur melalui pembukaan katup di seluruh bangunan operasi, serta melaksanakan backwash/mencuci filter secara berkala.

“Demikian pula dalam menangani terjadinya kualitas air yang relatif keruh pada jaringan pipa distribusi, yaitu dengan melakukan washout/pencucian pada jaringan pipa distribusi dengan membuka katup-katup pada jaringan distribusi utama, serta melakukan pemeriksaan kualitas air pada sambungan rumah pelangggan yang berada di lokasi paling ujung pipa secara berkelanjutan,” papar Tati.

Sementara itu dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-75, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung memberikan potongan khusus pemasangan sambungan baru atau pemasangan sambungan rumah eks–pemutusan/bongkar sebesar Rp. 200 ribu, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Pelaksanaan pemberian potongan khusus diperuntukan bagi calon pelanggan yang melakukan pembayaran biaya pasang sambungan baru air minum, terhitung mulai tanggal 3 Agustus 2020 sampai dengan 30 Oktober 2020.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close