Bale Kab BandungPamong

Pemkab Bandung Bangun 4 Depo Sampah

Pengangkutan sampah Pasar Baleendah, Rabu (12/7). by Humas Pemkab Bdg
Pengangkutan sampah Pasar Baleendah, Rabu (12/7). by Humas Pemkab Bdg

SOREANG – Pemkab Bandung akan membangun empat Depo Sampah di empat wilayah Kabupaten Bandung, yaitu di Kecamatan Majalaya, Cicalengka, Baleendah, dan di sekitar Kecamatan Soreang.

Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan mengatakan, pembangunan empat depo dilakukan demi mengantisipasi tempat pembuangan akhir sampah (TPA) yang belum dibangun.

Secara teknis, kata Wabup, pembangunan depo sampah ini bisa menghemat anggaran, ketimbang harus membuang sampah ke tempat lain atau ke TPA Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat. “Juga akan mengurangi beban dari armada pengangkutan, dan jarak pun bisa ditempuh lebih dekat,” imbuh Gun gun.

Sampah yang dihasilkan Kab Bandung perharinya capai 1.200 ton sampah. Pemerintah menyediakan kapasitas depo sampah yang berbeda tergantung dari kebutuhan wilayahnya.

Gun Gun yakin dengan sistem pengolahan, pemrosesan, dan pemilahan akan efektif mengurangi jumlah sampah. “Setelah melakukan edukasi kepada masyarakat dan berkoordinasi dengan pihak terkait, maka sampah-sampah tersebut akan berkurang, termasuk sampah yang ada di pasar,” terangnya.

Gun Gun meminta dukungan masyarakat agar program ini dapat terselenggara dengan baik. Termasuk soal anggaran, ia mengakui telah menyiapkan sejumlah anggaran tahun 2017-2018 untuk membangun dua depo berikutnya.*

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close