Bale CimahiEkonomi

Pemkot Cimahi Minta Warga dan Pengusaha Sukseskan Sensus Ekonomi

ilustrasi/net
ilustrasi/net

CIMAHI – Pemkot Cimahi bersama BPS mensosialisasikan sensus ekonomi untuk mendapatkan informasi tentang pertumbuhan ekonomi di masyarakat di mana hasilnya akan jadi landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan.

“Sensus ekonomi ini digelar setiap 10 tahun sekali dan dilaksanakan untuk pertama kalinya pada tahun 1986. Untuk itu, kami jauh-jauh hari sudah melakukan sosialisasi hal ini bersama pihak BPS,” terang Wakil Wali Kota Cimahi Sudiarto, Selasa (15/3/16).

Dia menjelaskan pada sensus ini yang akan dilihat mencakup semua aktivitas ekonomi di masyarakat, kecuali sektor pertanian dan skala ekonomi usaha. Nantinya hasil sensus ini akan jadi tolak ukur dalam menyusun kebijakan dan perencanaan pembangunan baik oleh Pemkot Cimahi maupun pemerintah pusat.

“Melalui sensus ini akan terlihat bagaimana posisi daya saing ekonomi masyarakat, hingga jadi tolak ukur perkembangan ekonomi Indonesia, termasuk di era MEA ini,” imbuh Sudiarto.

Menurutnya, dengan sensus juga maka akan terlihat data statistik ekonomi yang dapat dijadikan sebagai acuan perencanaan pembangunan. Untuk itu perlu dukungan penuh dari seluruh stakeholders terkait, termasuk dalam hal ini adalah kalangan pelaku usaha atau industri besar dan sedang, agar memberikan keterangan yang berkaitan dengan pengambilan data untuk sensus ekonomi ini.

“Sukses tidaknya sensus ekonomi 2016 ini tergangung kepada masyarakat dan berbagai pihak terkait lainnya. Untuk itulah diperlukan kerjasama seluruh unsur yang terlibat,” ucapnya. (fik)

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close