Bale CimahiPamong

Penanganan Bencana Banjir Harus Jadi Prioritas Pemerintah

banjir jebol bentengCIMAHI – Pemkot Cimahi harus memprioritaskan penanganan bencana banjir yang kerap melanda beberapa wilayah di Cimahi. Warga terdampak banjir sangat memerlukan bantuan sesegera mungkin seperti yang kerap dialami warga di RW 11 dan RW 18, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

“Penanganan banjir merupakan prioritas dan harus disegerakan karena ada dampak langsung kepada masyarakat,” kata anggota Komisi III DPRD Cimahi Barkah Setiawan.

Barkah mengatakan selama ini warga di dua RW di Kelurahan Leuwigajah, Cimahi selatan kerap diserang banjir ketika hujan dengan intensitas tinggi turun. Penyebabnya, selain drainase tidak mampu menampung air juga karena adanya rumah yang dibangun di atas drainase.

Warga juga mengaku sudah berkali-kali meminta pemerintah menangani permasalahan banjir dalam musrenbang, namun tidak pernah ditanggapi. Untuk itu pihaknya mendesak agar pemerintah memberikan perhatian terhadap persoalan ini.

“Banjir di kawasan itu bisa mencapai ketinggian sekitar satu meter, meskipun tidak lama tapi tetap saja itu jadi persoalan bagi warga. Kondisi ini harus jadi prioritas perhatian jangan pemerintah memberi perhatian kepada hal-hal yang terkait dengan penghargaan Adipura saja,” tuturnya.

Untuk itu, guna mengentaskan permasalahan ini kesadaran dari masyarakat pun sangat diperlukan. Selain itu banjir juga disebabkan adanya pertemuan dua arus dari drainase dan Sungai Sukamanah sehingga seharusnya ada normalisasi atau embung di kawasan tersebut. [fik]

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close