Bale Kab Bandung

Perbaikan Inflastruktur Terkendala Refocusing Anggaran

Kepala Dinas PUTR Kab Bandung Agus Nuria

SOREANG, Balebandung.com – Bencana non alam yang melanda seluruh dunia berdampak pada program pembangunan secara nasional di Indonesia.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Bandung Agus Nuria mengatakan, alokasi dana APBD tahun 2020 terkena refocusing. Sehingga banyak program pembangunan yang tertunda.

“Ya, banyak program inflastruktur yang tertunda karena anggaran di-refocusing untuk penanganan pandemi Covid-19,” kata Agus saat dihubungi, Kamis (29/10/20).

Menurutnya, anggaran yang dikelola DPUTR sebanyak 55 persen di-refocusing, sehingga banyak program yang sudah melalui proses panjang terpaksa ditunda.

“Dari anggaran sekitar Rp650 miliar, hanya 45 persen yang dialokasikan. Sehingga, banyak program yang tidak bisa dilaksanakan. Salah satunya, jalan di Kampung Landean, Desa Sukamukti, Kecamatan Katapang,” tuturnya.

Rencana lanjutan program peningkatan beberapa titik jalan, dialokasikan dari APBD perubahan. Namun, hal itu juga tidak bisa dilaksanakan, karena terkendala pembahasan di DPRD Kabupaten Bandung.

“Program yang tertunda akibat anggaran di-refocusing, juga tidak bisa dilaksanakan pada akhir tahun ini karena pembahasan APBD-P kan ditolak pihak legislatif,” akunya.

Oleh karena itu, kata Agus, pihaknya akan menata dan memprogram ulang rencana peningkatan dan perbaikan inflastruktur yang tidak ter-cover tahun ini.

“Karena banyak program yang menjadi kewenangan PUTR tertunda akibat pandemi Covid-19. Hal itu akan menjadi program prioritas pada anggaran 2021,” jelasnya.

“Saya harap masyarakat mengerti dan memaklumi, tertundanya progran peningkatan dan perbaikan jalan harus ditunda,” imbuh Agus.

Sebelumnya, kondisi rusaknya jalan Bojongkunci- Paledang- Rancamanyar dikeluhkan warga dan pengguna jalan. “Ya, warga Kampung Landean, Desa Sukamukti, Kecamatan Katapang mengeluhkan kondisi jalannya sangat rusak sekali,” kata Dadang warga sekitar. ***

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close