Kamis, September 29, 2022
BerandaBale BandungPerumda Tirta Raharja Kab Bandung Sosialisasikan GCG di Lingkungan BUMD

Perumda Tirta Raharja Kab Bandung Sosialisasikan GCG di Lingkungan BUMD

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung menggelar Sosialisasi Penerapan Good Corporate Governance (GCG) di lingkungan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di wilayah Kabupaten Bandung, di Hotel Sunshine Soreang, Jumat (12/8/2022).

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Raharja , Rudie Kusmayadi mengatakan, dasar adanya GCG ini PP Nomor 54 tahun 2017.

“Di situ disebutkan bahwa BUMD di seluruh Indonesia harus membentuk komite atau aturan yang mengacu kepada GCG,” jelas Rudie.

Ia menerangkan, GCG merupakan seperangkat aturan proses kebijakan yang harus mencirikan pengelola perusahaan itu terbuka, akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan. Menurutnya, di Perumda Air Minum Tirta Raharja, penerapan GCG ini sudah berjalan.

“Mungkin kita pertama kali di Jawa Barat. GCG kita dua minggu yang lalu sudah diaudit. Hasilnya, dari 319 parameter masih ada sekitar 31 parameter yang harus diperbaiki. Mudah-mudahan sisa tahun 2022 ini, kemarin kita sudah buat action plan yang 31 bisa kita perbaiki, dan awal 2023 sudah bisa disahkan,” ungkap Rudi.

Dari hasil tersebut menurut Rudi, memang yang muncul paling utama adalah keterbukaan atau fairness, dan kedua sistem modeling pelayanan kepada masyarakat dalam rangka melayani air minum untuk sampai ke pelanggan.

Bupati Bandung Dadang Supriatna berharap dengan sosialisasi GCG ini, semua direksi, dewan komisaris, dewan pengawas dan karyawan bersinergi untuk melakukan perbaikan-perbaikan sistem demi meraih prestasi yang lebih baik lagi.

“Karena pada dasarnya, PDAM Tirta Raharja Kab Bandung, PT CBS dan BPR Kertaraharja fokus kepada pelayanan masyarakat. Diharapkan ke depan dengan adanya sosialisasi GCG ini bisa mengoptimalkan apa yang menjadi inovasi yang diharapkan. Tentunya dengan sosialisasi ini bisa melahirkan kesimpulan-kesimpupan ilmu-ilmu yang bisa diterapkan dalam menjalankan managemen perusahaan,” kata Bupati Bandung.***

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI