Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBale CimahiPolres Cimahi Kerahkan Drone Pantau Arus Mudik

Polres Cimahi Kerahkan Drone Pantau Arus Mudik

bb-Polres-Cimahi-droneCIMAHI – Polres Cimahi menggandeng Aeromodeling Creativity Club (ACC) dalam melakukan pemantauan pelaksanaan arus mudik di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada lebaran tahun ini. Nantinya pengamatan ini akan menggunakan teknologi pesawat aeromodeling jenis drone yang akan ditempatkan di beberapa titik lokasi.

“Untuk tahun ini akan ada yang baru karena kami bersama ACC akan memantau arus mudik dan juga jalur-jalur mudik dengan menggunakan drone,” kata Kapolres Cimahi AKBP Ade ARy Syam Indradi kepada wartawan di Mapolres Cimahi.

Ade mengatakan drone itu disediakan dari pihak ACC yang sudah menjalin kerjasama dengan Polres Cimahi sejak lama. Namun memang baru tahun ini teknologi drone akan mulai digunakan untuk melakukan pemantauan arus mudik.

Menurutnya keberadaan ACC sangat membantu pihak kepolisian dalam memantau perkembangan arus lalu lintas maupun keamanan, khususnya di musim lebaran seperti ini. Sebab melalui pantauan drone itu bisa diinformasikan jika terjadi hal-hal seperti kemacetan atau saat terjadi kecelakaan di suatu lokasi sehingga penanganan yang dilakukan oleh petugas bisa lebih cepat karena lebih cepat juga terdeteksi.

“Yang jelas hasil pemantauan dengan menggunakan drone ini akan langsung di-update melalui media sosial resmi Polres Cimahi sehingga informasinya selalu update. Tujuannya agar penanganan dan pengerahan personel ke suatu titik kejadian juga bisa lebih cepat dilakukan,” tuturnya.

Seperti diketahui beberapa titik lokasi jalur mudik yang ada di wilayah hukum Polres Cimahi yang mencakup Kota Cimahi, KBB, dan sebagian Kabupaten Bandung merupakan daerah-daerah yang rawan kemacetan. Untuk itu perlu adanya pengawasan yang intensif dalam mengatasinya. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI