Bale Kab Bandung

Polresta Bandung Siap Gelar Operasi Ketupat

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan

SOREANG, Balebandung.com – Polresta Bandung bersiap menggelar Operasi Ketupat untuk pengamanan khusus selama Ramadan hingga Pasca Lebaran 2021. Salah satu pengamanan khusus yang dilakukan adalah pengamanan jalur mudik dan melakukan razia rutin peredaran minuman keras (miras) di Kabupaten Bandung.

Antisipasi peredaran miras ini penting sebab selama Ramadan dan Lebaran biasanya terjadi kasus yang disebabkan oleh miras, termasuk miras oplosan di Kabupaten Bandung. Kerap ditemukan adanya kasus pesta miras oplosan yang bahkan sampai menelan korban.

“Tiap hari, setiap saat sebenarnya kami sudah melakukan razia miras di semua polsek itu. Boleh dicek, silahkan. Itu tiap hari ada laporannya ke saya. Kalaupun ada polsek yang tidak ada hasilnya dalam razia miras, silahkan laporkan ke saya,” kata Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan, kepada TIMES Indonesia di Mapolresta Bandung, Senin (5/4/21).

Selain itu, razia miras juga dilakukan terhadap kendaraan untuk mengantisipasi adanya kendaraan roda empat yang mengangkut miras dan masuk ke wilayah Kabupaten Bandung.

Kombes Pol Hendra Kurniawan menambahkan, pihaknya juga sudah mengantisipasi Operasi Ketupat tahun ini terutama soal pengalaman jalur mudik.

“Kalau seandainya dilarang untuk mudik, berarti kita akan  memutar balik kendaraan untuk kembali ke daerah kendaraan tersebut berasal. Kalau dibolehkan mudik, kita akan lancarkan jalur mudiknya,” jelas Kombes Pol Hendra.

Selain itu tempat ibadah juga akan mendapat  perhatian khusus, untuk memastikan penerapan protokol kesehatan. “Kita akan patroli untuk pengamanan sekaligus memastikan penerapan prokes tetap dilaksanakan termasuk di tempat ibadah,” kata dia.

Selain itu pada sore harinya menjelang berbuka puasa,  pihaknya juga akan memastikan penerapan prokes tetap dilaksanakan sebab dikhawatirkan menimbulkan kerumunan menjelang berbuka puasa.

“Kalau untuk kriminalnya, pasti rekan-rekan reskrim dan intel  terus memantau melakukan kegiatan patroli guna mengantisipasi kriminalitas yang mungkin terjadi,” imbuh Hendra.

Kasatres Narkoba Polresta Bandung Kompol Dadang Garnadi menambahkan, razia pekat (penyakit masyarakat) dilakukan setiap hari, termasuk untuk para penjual  miras.

“Dengan Operasi Pekat, kita rutin setiap hari lakukan razia miras. Kalau ada yang kedapatan mejual miras, kita lakukan tindak pidana ringan (tipiring) sesuai perda, agar menimbulkan efek jera,” tandas Kasatres Narkoba Polresta Bandung.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close