Bale Kab BandungEkonomi

Produk Koperasi Kab Bandung Dilirik PHRI Bali

Kepala Diskop UKM Kab Bandung Hermawan di sela Bimtek Pemanfaatan Peluang Bisnis, Pembedayaan dan Pengembangan Usaha Koperasi di Hotel Sutan Raja, Soreang, Rabu (21/11/18). by Humas Pemkab

SOREANG, Balebandung.com – Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Diskop UKM) Ir. H. Hermawan menyebutkan, sebanyak 13 koperasi yang dianggap kompeten, dihadirkan sebagai peserta bimtek yang rencananya akan menjalin kerjasama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Bali.

Kerjasama tersebut adalah tindaklanjut dari kunjungan kerja Diskop UKM ke Provinsi Bali beberapa waktu lalu. “Dari 13 koperasi ini, akan ada 5 hasil produksi yang dilakukan kerjasama, yakni sektor olahan pangan makanan ringan, kopi unggulan dari Puntang dan Gunung Tilu, sayuran dan buah, konveksi serta hasil kerajinan,” papar Hermawan di sela bimbingan teknis (Bimtek) Pemanfaatan Peluang Bisnis, Pembedayaan dan Pengembangan Usaha Koperasi di Hotel Sutan Raja, Soreang, Rabu (21/11/18).

Sebelum menjalin kerjasama, pihaknya menggelar bimtek pemanfaatan peluang bisnis, agar para peserta bisa mengidentifikasi terlebih dulu berbagai permasalahan internal dan eksternal koperasi, berkaitan dengan pengembangan usaha koperasi, potensi wilayah untuk pengembangan usaha koperasi, mencari alternatif solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi oleh koperasi.

“Kita bekali supaya para peserta memiliki kemampuan bisnis yang profesional. Mereka harus bisa mengembangkan potensi, menganalisa permasalahan serta menghasilkan peluang bisnis yang luas,” terangnya.

Ketua Bidang Pariwisata & Budaya PHRI Provinsi Bali Drs. Ismoyo S. Soemarlan, M. Par mengatakan, peluang kerjasama tersebut merupakan potensi untuk pengembangan bisnis dari pengembangan koperasi asal Kabupaten Bandung.

“Sekarang ada sekitar 50 ribu hotel dan lebih dari 130 ribu kamar di Bali, kalau kerjasama ini terjalin baik alangkah besarnya peluang investasi koperasi Kabupaten Bandung di Bali. Nah, hari ini akan kita kupas pengelolaan bisnis potensi tersebut,” ujar Ismoyo.

Ismoyo mengapresiasi, Pemkab Bandung melalui Diskop UKM memiliki komitmen untuk pengembangan koperasi masyarakat. “Saya saya apresiasi, karena di sini Pemkab nya punya komitmen yang jelas untuk mengembangkan koperasi masyarakat, tuntas hingga eksekusi, ngga hanya wacana dan ngga PHP aja,” ucapnya.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close