Selasa, Februari 7, 2023
BerandaBale BandungProgram Gupai Buka Peluang Usaha Warga

Program Gupai Buka Peluang Usaha Warga

SOREANG,balebandung.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung melakukan berbagai inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat melalui program Gupai (Gerai Usaha Pangan dan Ikan).

“Itu salah satu upaya kita, dalam rangka membuka kesempatan berusaha kepada masyarakat Kabupaten Bandung,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung Ir. Ina Dewi Kania, M.P., di Soreang, Jumat (20/1/2023).

Menurutnya, program Gupai ini disosialisasikan atau dilaksanakan melalui kegiatan Rembug Bedas Bupati Bandung HM. Dadang Supriatna yang sudah dilaksanakan di belasan desa di Kabupaten Bandung.

“Program Gupai ini adalah salah satu untuk mengetaskan pengangguran di Kabupaten Bandung, sehingga Dispakan membuka peluang berusaha bagi masyarakat Kabupaten Bandung, yang nantinya akan berusaha di bidang pangan maupun perikanan,” tuturnya.

Ina mengatakan di bidang pangan, pihaknya bermitra dengan Toko Tani Indonesia. “Jadi mereka bisa menjadi mitra, untuk menjual bahan pokok,” ucapnya.

Kemudian, lanjut Ina, bagaimana mengembangkan industri pangan lokal. “Ini salah satu upaya juga untuk lebih meningkatkan, pemasaran ubi kayu, ubi jalar, kentang dan lain-lain,” tuturnya.

Kemudian, kata dia, program lainnya yaitu Baruna (Bedas Racik Usaha Muda). “Ini bagaimana para pemuda yang ada di wilayah Kabupaten Bandung bisa mengelola usaha pengelolaan perikanan,” ujarnya.

“Selain itu ada program petani ikan milenial, lebih condong bagaimana melakukan budidaya perikanan,” imbuhnya.

Dikatakan Ina, melalui sejumlah program inovasi yang digulirkan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan itu, sejumlah pengangguran maupun pemuda yang ada di Kabupaten Bandung bisa daftar.

Terkait dengan bantuan modal usaha, kata Ina, pihaknya sedang merintis dan melakukan komunikasi dengan pemerintah provinsi dan pusat.

“Pak Bupati Bandung juga kan sudah menyiapkan program, yaitu pinjaman modal bergulir tanpa bunga dan tanpa jaminan. Jadi bisa bersinergi dalam mengembangkan usaha ini, peluangnya ada dan modalnya juga disiapkan oleh pemerintah,” katanya.***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI