Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBale BandungPuluhan Ribu Warga Kab Bandung Daftar Seleksi CPNS

Puluhan Ribu Warga Kab Bandung Daftar Seleksi CPNS

SOREANG, Balebandung.com Warga Kabupaten Bandung sangat antusias untuk mendaftar menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Calaon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung, Wawan Ridwan mengakui, sejak Pemerintah Kabupaten Bandung membuka pendaftaran CASN (CPNS) dan P3K yang mengikuti seleksi administrasi, sangat membludak.

Tercatat mencapai sekitar 20 ribu pendaftar. Dari jumlah tersebut hanya sebanyak 9.723 orang yang lolos seleksi administrasi. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun lalu yang hanya sekira 19 ribu orang pendaftar.

Mereka yang sudah lolos seleksi administrasi itu mulai Jumat ini (17/9/21) hari pertama dilakukan seleksi CPNS oleh Pemkab Bandung di Telkom University, untuk periode kompetisi dasar.

“Seleksi ini akan dilaksanakan sampai 23 September” kata Wawan Ridwan, saat acara Ngawangkong bari Ngopi di Gedung Tourism Information Center (TIC) Kawasan GBS, Jalan Al Fath, Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (17/9/21).

Menurut Wawan Ridwan, pengisian formasi untuk ASN dan P3K Kabupaten Bamdung, yang diusulkan Pemkab Bandung lebih dari yang ditetapkan Kementrian PAN RB. Yaitu sekitar 3.000 orang dari 2.543 yang ditetapkan PAN RB.

“Siapapun yang memenuhi syarat yang telah ditentukan, bisa ikut mendaftar CASN dan P3K,” kata dia.

Wawan mengatakan, Kabupaten Bandung termasuk 10 besar atau daerah favorit untuk pendaftaran CPNS atau P3K. Untuk seleksi administrasi CPNS dan P3K 2021 saja hampir 20 ribu orang pelamar. Mereka akan memperebutkan 2.543 CPNS dan P3K.

Wawan menyampaikan, formasi CASN dan P3K didominasi kepentingan kebutuhan guru, karena per tahun hampir 1.000 orang guru yang pesiun. Untuk tenaga pengajar, lanjut Wawan saat ini masih kekurang sekitar 7.000 guru di luar P3K dan CPNS.

Wawan menjelaskan, formasi CPNS di Kabupaten Bandung tahun ini kebanyakan untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Sementara untuk guru masuk dalam formasi P3K.

Sementara untuk pelaksanaan seleksi, papar Wawan, yang dimulai 17 sampai 23 September 2021, dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Peserta harus menggunakan masker dobel, harus menyertakan hasil rapidtes dan sertifikat vaksin pertama.

“Pelaksanaan seleksi juga dilakukan tiga sesi sesuai prokes. Satu sesi sebanyak 500 orang, kecuali hari Jumat hanya dua sesi,” imbuhnya.

Wawan menambahkan, formasi Kabupaten Bandung yang akan lolos sebanyak 492 orang CPNS dan 253 orang untuk PPPK. Dari 492 CPNS tersebut, yaitu untuk tenaga teknis dan kesehatan. Sedangkan tenaga guru yaitu untuk P3K.(DR)***

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI