Bale Kab BandungDestinasiPiknik Kab Bandung

Puncak Arus Wisata Lebaran Ciwidey Diprediksi Rabu (20/6) Besok

Arus wisata Ciwidey, Selasa (19/6/18).

CIWIDEY – Arus lalulintas di objek wisata Bandung selatan Ciwidey hingga H+4 lebaran, Selasa (19/6/18) terpantau ramai lancar. Puncak arus wisatawan di Ciwidey, Kabupaten Bandung ini diprediksi terjadi hari ini dan Rabu (20/6) besok.

“Untuk (puncak) arus liburan sendiri kemungkinan hari ini dan besok karena setelah kita amati dari hari ke hari kendaraan cenderung banyak tapi tetap stabil,” ujar Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Kawah Putih AKP Dwi Nugroho Saputro di lokasi.

Seperti hari sebelumnya, pihaknya memprediksi peningkatan volume kendaraan terjadi pukul 14.00 WIB, karena arus kendaraan dari bawah (arah Bandung) akan sedikit terhambat akibat kendaraan dari arah atas (Kawah Putih) baru akan turun ke arah Bandung sekitar pukul 14.00 WIB.

“Seperti hari kemarin juga sama, untuk rekayasa sendiri sudah kami lakukan kemarin. Jadi, khusus kendaraan bus besar yang berpotensi stuck dan deadlock di tikungan-tikungan tajam seperti di Baru Tunggul dan Mayor, kita turunkan di pukul 16.00 WIB,” kata AKP Dwi.

Sehingga kata Dwi, pada pukul 16.00 WIB semua kendaraan wisatawan dari arah bawah sudah naik ke atas semua.¬†“Karena kalau bis berpapasan di tikungan-tikungan tersebut akan terhambat dan bisa menghabiskan waktu 30 menit sampai 1 jam. Jadi, seluruh bus pukul 16.00 harus sudah turun semua,” jelas Dwi.

Selain itu pihaknya juga melakukan pergelaran pasukan di titik-titik rawan kemacetan seperti di titik keluar-masuk akses masyarakat menuju perkampungan, pom bensin, restoran dan rest area.

“Sementara untuk kantong-kantong parkir di Kawasan Kawah Putih Ciwidey saat ini masih memadai. Ada dua kantong parkir yakni di Terminal Alam Endah dan Kawah Putih. Kami juga melakukan pengecekan kelayakan kendaraan angkutan sebelum mereka turun pada pukul 16.00 WIB,” terangnya.

Sementara Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan di lokasi menuturkan peningkatan volume kendaraan wisatawan di Ciwidey sudah terjadi beberapa hari lalu. Kepadatan kendaraan sendiri terjadi di sore hari, saat para wisatawan ini kembali pulang ke rumahnya masing-masing.

“Hari ini puncaknya, atau besok bisa padat, karena besok Kamis sudah ada pegawai PNS dan swasta juga yang sudah mulai masuk kantor,” kata Kapolres.

Menurut Indra terjadi peningkatan arus wisata yang cukup signifikan ke kawasan Bandung selatan ini khususnya Ciwidey. Hal tersebut disebabkan dibukanya secara resmi Tol Soroja oleh pemerintah belum lama ini, sehingga mengkatkan kunjungan wisata ke Bandung selatan.

Menurut pantauan wartawan, hingga Selasa (19/6) siang arus lalu lintas kendaraan di jalur wisata Bandung selatan terpantau ramai lancar. Meski demikian terdapat perlambatan kendaraan di titik-titik tertentu saat keluar masuk kendaraan, namun kendaraan tetap berputar. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close