Bale Kab Bandung

Reses Luthfi Hafiyyan Tampung Aspirasi Lahan Gembala Ternak

MLH Center Sediakan Ambulan Gratis

Anggota Komisi B DPRD Kab Bandung M Luthfi Hafiyyan saat menggelar reses di GOR Desa Mandalawangi, Kec Nagreg, Kab Bandung, Rabu (27/11/19). by iwa/bbcom

NAGREG, Balebandung.com – Menggelar reses di pelosok desa, membuat anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bandung Mochammad Luthfi Hafiyyan diberondong pertanyaan dan aspirasi terkait pertanian dan peternakan. Beruntung Luthfi duduk di Komisi B sehingga materi pertanyaan lebih nyambung. Apalagi dengan latar belakang pendidikannya sebagai sarjana peternakan.

Seperti yang terjadi pada saat menggelar reses di GOR Desa Mandalawangi, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Rabu (27/11/19). Dari ratusan konstituen dan masyarakat desa yang hadir, beberapa diantaranya menanyakan soal bantuan ternak, perbaikan rutilahu, perbaikan saluran irigasi yang jebol, dan tembok penahan tanah (TPT) yang dibutuhkan masyarakat desa setempat.

“Semua aspirasi terutama soal peternakan dan pertanian kita tampung untuk dibawa di rapat dewan bersama dinas terkait untuk bisa direalisasikan secara optimal nantinya,” jawab Luthfi kepada konstituen yang bertanya.

Salah satu yang menarik dan menjadi catatan Luthfi adalah aspirasi tentang padang atau lahan penggembalaan ternak. Seorang peserta bernam aIding menyampaikan bahwa peternak domba atau sapi membutuhkan padang gembala ternak agar ternaknya bisa mendapatkan makanan.

Iding mengatakan kini lahan gembala ternak makin menyempit seiring dengan pesatnya pertumbukan permukiman atau perumahan. Akibatnya peternak kesulitan mendapatkan rumput yang sehat untuk ternaknya.

“Masalah lahan gembala, memang bagusnya ternak itu harus digembalakan seperti ternak sapi di Nusa Tenggara atau di luar negeri misalnya Australia. Jadi biar ternaknya sehat, memang bagusnya jangan dikandangin terus, harus  digembalakan agar lebih sukses dalam beternaknya,” jelas Iding.

Lebih dari itu, imbuh Luthfi, dirinya pun sudah menyediakan Rumah Aspirasi bernama MLH Center (Moch Luthfi Hafiyyan) yang berlokasi di Jalan Stasiun Cicalengka.

“Masyarakat khususnya konstituen di Dapil IV Kabupaten Bandung bisa menyampaikan aspirasi ke Rumah Aspirasi MLH Center, ada petugas yang standby di kantor yang nantinya bisa melayani aspirasi masyarakat,” terang Luthfi.

MLH Center juga menyediakan mobil ambulan bagi masyarakat Dapil IV yang membutuhkan. “Ambulan MLH Center ini gratis, tinggal hubungi saja yang berjaga di Kantor MLH Center,” ujar anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab Bandung ini.

Turut hadir dalam reses pertama Luthfi ini Ketua DPC PDI Perjuangan Kab Bandung Harjoko Sangganagara sebagai nara sumber, didampingi Dwi Kuswantoro, Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kab Bandung.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close