Bale Kab BandungHankam

Satnarkoba Sita 1 Ton Mie Berformalin

mie-formalin
ist

MARGAASIH РSatnarkoba Polres Bandung mengamankan satu ton mie basah berformalin siap edar dari pabriknya di Kampung Mahmud, Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Rabu (25/5/16).

Kasat Narkoba Polres Bandung AKP Budi Nuryanto mengatakan awalnya seorang penyalur mie berformalin tersebut ditangkap di Pasar Sayati di Kecamatan Margahayu, pekan lalu. Penyidikan kemudian dikembangkan dan akhirnya Polres Bandung menemukan pabrik pembuatan mie tersebut di Kampung Mahmud.

“Pabrik mi ini telah beroperasi selama 1,5 tahun. Dalam sehari bisa memproduksi 10 kuintal mie yang kemudian disalurkan ke Pasar Sayati di Kabupaten Bandung dan Pasar Cicadas serta Pasar Ujungberung di Kota Bandung,” ungkap Kasat Narkoba.

Dalam pembuatan mie basah pipih berwarna kuning ini, produsen mengaku mencampur mi dengan formalin. Dengan demikian, mie dapat lebih tahan lama. Formalin didapat pelaku dari Kota Bandung, sedangkan bahan lainnya dari pasar .

“Formalin dilarang untuk digunakan sebagai bahan tambahan pada pembuatan makanan. Kami mengimbau masyarakat untuk teliti membeli makanan olahan, harus ada tercantum izin dari BB POM. Kalau menemukan makanan yang dicurigai mengandung zat berbahaya, segera laporkan,” kata Budi.

Kasat menyebutkan pihaknya sudah mengamankan 10 pekerja pembuat mie tersebut untuk dimintai keterangannya. Belum satupun diantaranya dijadikan tersangka. Diamankan juga alat pembuat mie, satu ton mie basah berformalin, bahan mentah, termasuk formalin dan bahan pewarnanya.

Seorang pekerja pembuat mie tersebut, Yoto (40) mengatakan formalin ditambahkan bukan untuk mengawetkannya, melainkan untuk memudahkan pengadonan sehingga tidak lengket.

“Formalin terus ditambahkan sampai mie tidak lengket lagi. Bisa dua ons formalin atau lebih sekali olah. Soalnya air molase untuk mi kadang tidak ada. Gantinya pakai formalin saja biar tidak lengket. Kalau lengket, dimarahi pembeli,” terang Yoto.

Ia mengaku menggunakan formalin karena bahan lain yang biasa ditambahkan untuk membuat mie tersebut sulit didapat. Yoto pun mengelak jika disebut menggunakan formalin untuk membuat mie lebih tahan lama.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close