Bale Kab Bandung

Selama Ramadan Pengunaan Air PDAM Tirta Raharja Diprediksi Meningkat 10%

Manajer Junior Humas dan Keseketariatan PDAM Tirta Raharja Sri Hartati. by ist

CIMAHI, Balebandung.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja Kabupaten Bandung, memprediksi penggunaan air bersih selama bulan Ramadan akan mengalami peningkatan.

Manajer Junior Humas dan Keseketariatan PDAM Tirta Raharja Sri Hartati mengaku memang jika melihat pada tahun-tahun sebelumnya, saat bulan Ramadan pengguna air bersih selalu meningkat 5-10% dari penggunaan di bulan biasanya.

”Tapi kita jamin semua pelanggan bisa terpenuhi kebutuhannya selama bulan suci ini,” tukas Sri di Kantor PDAM Tirta Raharja, Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi, Senin (6/5/19).

Tati mengungkapkan, sejauh ini PDAM Tirta Raharja memasok pelanggan di tiga wilayah yaitu, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat dengan jumlah total sebanyak 98.103 Sambungan Rumah (SR).

”Pasokan air bersih untuk ketiga wilayah itu bisa dipastikan lancar. Debit saat ini berkisar 166 liter per detik. Khusus pelanggan yang ada di Wilayah Cimahi saat ini berjumlah 15.615 SR,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, di bulan puasa biasanya peningkatan penggunaan air PDAM terjadi sejak petang hingga pagi hari. Namun meski ada peningkatan, ia meminta para pelanggan untuk tidak khawatir kekurangan air bersih. Sebab PDAM yang sumber airnya berasal dari Situ Lembang, Pangalengan dan Sungai Citarum rutin melakukan pemeliharaan.

”Sebelum Ramadan kita melakukan pemeliharaan jaringan secara optimal. Mulai dari pengecekan pipa-pipa yang diintensifkan, terutama untuk men­gurangi potensi kebocoran air,” jelasnya.

Dia menuturkan antisipasi kebocoran pipa terus dilakukan pihaknya. Sebab jika hal itu terjadi, maka berdampak langsung terhadap pasokan air ke masyarakat. ”Petugas terus melakukan patroli sampai malam untuk mengecek pipa saluran, jika ada kebocoran langsung diperbaiki,” tuturnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, untuk memberikan air yang bersih, pihaknya juga rutin melakukan kegiatan pengurasan yang dilakukan sebelum Ramadan. ”Pengurasan penampungam sudah dilakukan sebelum bulan puasa karena itu rutin,” ucapnya.

Kendati demikian, dia mengimbau kepada para pelanggan PDAM Tirta Raharja agar tetap bijak dalam menggunakan air selama bulan puasa. ”Gunakan air sesuai kebutuhan, serta tampung air selagi mengalir,” pungkasnya.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close